Dulu naik kereta api sangat tak nyaman. Sebelum tahun 2010, aku beberapa kali naik kereta api Purwokerto-Jakarta atau sebaliknya dengan kereta ekonomi.
Saat itu, ada orang yang tanpa tiket bisa naik kereta api. Si orang ini bayar juga dengan tarif lebih murah. Pertanyaannya, uang si orang ini masuk ke kantong siapa?
Kalau ada pengecekan, si orang yang tak punya tiket ngumpet. Terus dia aman tak kena sanksi.
Efek banyaknya orang di kereta, aku merasakan sendiri harus berdiri di dekat toilet. Bayangkan saja bagaimana baunya.
Pernah dapat duduk. Baru duduk langsung disemprot pewangi oleh seseorang. Modal nyemprot pewangi yang tidak kita minta, dia minta duit. Apa bukan pemaksaan namanya?
Pernah naik kereta eksekutif dari Bandung ke Jakarta. Eh ada yang merokok di dalam kereta ber-AC. Sambil duduk, dia merokok. Apa ngga gila itu? Waktu itu aku juga perokok dan pasti tak akan merokok di gerbong. Aku hanya merokok di sela antar gerbong yang waktu itu memang diperbolehkan.
Suasananya sumpek, bising, bau, tak bisa istirahat. Sangat menjengkelkan. Aku pun beranggapan bahwa kebiasaan buruk perkeretaapian tak akan bisa berubah. Maklum sudah karatan dan mendarah daging.
Tapi setahuku sejak Ignasius Jonan pimpin kereta api, semua berubah. Kereta api lebih nyaman. Tak ada pemaksa di dalam kereta api, sekalipun itu di ekonomi.
Tak ada orang "asing" bisa masuk sembarangan ke kereta tanpa bayar. Semua berubah. Banyak orang memberi testimoni yang baik untuk kereta api Indonesia.
Memang semua jadi ada konsekuensinya. Tiket lebih mahal. Tapi orang mendapatkan kenyamanan bertransportasi jarak jauh.
Fenomena kereta api sampai saat ini sepertinya masih bagus. Sekalipun sudah lama aku tak naik kereta api.
Fenomena perubahan kereta api Indonesia membuktikan bahwa kita bisa berubah lebih baik. Aku pikir segala segi di Indonesia bisa berubah jika berkaca pada kereta api.
Birokrasi yang misalnya masih ada yang ruwet, saya pikir bisa berubah. Pemerintahan desa jika masih ada yang tak profesional, bisa berubah.
Organisasi publik alias organisasi pemerintahan, saya pikir bisa menjadikan fenomena kereta api sebagai pelajaran. Berubah ke arah yang lebih baik.
Kalau berubah lebih baik, testimoni positif akan mengalir dengan sendirinya.