Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Membuka Jalan Pemahaman Belajar! (Teori Jerome Bruner)

11 November 2024   05:06 Diperbarui: 11 November 2024   07:32 37 0
Jerome Bruuner merupakan psikolog pendidikan yang terkenal ia memberikan pandangan dalam teori belajarnya di dalamnya menekankan peran aktif siswa dalam proses belajar. Teori bruner di kenal sebagai pembelajaran kongnitif memperkenalkan konsep Discovery Learning atau belajar melalui penemuan. Bruner mengatakan Pembelajaran tidak hanya sekadar menerima informasi dari guru, tetapi lebih menekankan pada bagaimana siswa mengatur, memproses, dan menghubungkan pengetahuan baru dengan pengetahuan yang telah dimiliki. Bruuner mempunyai tiga konsep bagaimana cara siswa memahami dan mengorganisasi sebuah informasi :

  • Representasi Enaktif
  • Di tahap ini, pemahaman terbentuk lewat tindakan langsung. Anak-anak belajar sambil melakukan, jadi pengalaman nyata seperti bermain dan menjelajah secara fisik jadi fondasi penting buat proses belajar mereka.
  • Representasi Ikonik
  • Setelah belajar lewat tindakan, anak-anak mulai membentuk gambaran visual atau bayangan mental dari konsep yang mereka pelajari. Di tahap ini, gambar atau simbol visual membantu mereka memahami lebih baik, meskipun mereka belum sampai pada tahap berpikir abstrak.
  • Representasi Simbolik
  • Di tahap ini, anak-anak mulai memakai simbol, seperti bahasa atau matematika, untuk menggambarkan ide secara abstrak. Cara ini membuat mereka bisa berpikir dengan lebih kompleks dan fleksibel.
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun