Karya : I.S
 Ayam berkokok membangunkan warga dari lelap tidur mereka. Senja pagi pun telah lahir dari langit upuk timur. Suara  nyanyian burung pun tersampaikan angin.  Begitu indah nyanyian alam pagi hari ini, carly masih duduk di atas sejadanya.
 "Ly?" (Tegur ibu yang memanggil dari bilik dapur)
 "Ia mak."(sembari berdiri membereskan sejadah sehabis sholat subuh)
 "Nanti kamu ke kebon gak?"
 "Gak mak. Hari ini carly mau ke pasar nemenin Jamila di suruh Pak RT."
 "Ooo... yaudah ati-ati di jalan. Hmm... cuman berdua aja ly? Pasar kan jau...daerah kita masih rawan Begal loh."(ibu khawatir)
 "Gak mak. Ada rahman dan tuti juga ikut mak."
 "Oh ya sudah. Hati-hati aja ya ly?. Bawak kendaraannya jangan ngebut-ngebut."
 "Ia mak."
 "Yasudah mandi dulu sana?"
 "Siap mamak ku sayang. Hehe"(sembari mengambil anduk di gantungan pakaian)
 "Ah.. anak mamak yang paling tersayang."(sembari tersenyum ke carly)
 Carly pun bergegas mandi, ibunya menyiapkan sarapan pagi. Seperti biasanya secangkir kopi dan sepiring ubi rebus kesukaan carly. Hidup di perdesaan dengan cara sederhana sudah menjadi gambaran di rumah carly. Bagi mereka makanan apa saja asal halal. Begitu nikmat dan tentunya masih bisa mengenyangkan.
 "Mak, masak apa?"(tanya carly yang baru sudah mandi)
 "Mamak belum masak. Tapi itu ada ubi rebus dan kopi. Sebelum berangkat, makan dulu ly. Biar gak kelaperan di jalan. Hehe"
 "Ah mamak. Masa carly kelaperan. Hehe kan ada rahman?"
 "Huuss... gak baik ngerepotin orang lain. Walau itu sahabat kamu sendiri."
 "Hhaha ia mak. Carly becanda doang."
 "Yaudah, sana make baju dulu."
 "Ia mak"(sembari meninggalkan ibunya di dapur, dan mencomot 1buah ubi rebus)
 Hari sudah menunjukkan pukul 8 pagi, carly dan ibunya yang baru sudah sarapan pagi dan mengopi. Datanglah rahman di depan halaman rumah, tentunya bersama tuti pacarnya. Anak pak seno dari kampung sebelah.
 "Assalammuallahiku?"(salam dari rahman dan tuti di depan rumah carly)
 "Wa'alahikum salam." (Sahut carly dan ibunya dari dalam rumah)
 Carly bergegas membukakan pintu,
 "Uda dateng ni penganteng?"(sembari ngeledek)
 "Ah kamu li. Pagi-pagi udah ngeledek aja." (Jawab rahman sembari mengajak tuti masuk ke dalam rumah)
 "Haha selow bro. Hehe. Oh ya... tut, apa kabar?"(tanya carly ke tuti)
 "Alhamdulillah baik mas."(timbal tuti)
 "Yaudah silakan duduk dulu. Mau minum apa? Kopi, teh, susu, es tapi bayar?? Hahaaha"(sembari tertawa)
 "Ah kamu ly. Gak usah lah repot-repot. Aku tau kamu gak ada uang. Hhaha(rahman yang bales ngeledek)
"Hhh tau bener kamu man. Yaudah air putih aja yah. Hehe"
 "Nah jadi tu. Tapi yang anget. Kalo bisa di tambahi sedikit gula dan kopi. Biar mantap haha"(sahut rahman)
 "Bilang aja mau kopi man. Yasudah saya buatin dulu."(sembari berjalan ke dapur)
 "Assalammuallahikum?"(sahut orang diluar rumah)
 "Wa'alahikum salam. "(Timbal tuti dan rahman, carly dan ibunya)
 "Eh jamila?"(tegur ibu carly sembari membukakan pintu)
 "Ia bu. Ibu apa kabar?"
 "Alhamdulillah baik jam. Kamu sendiri apa kabar? Oh ya.. masuk dulu, biar enak ngobrolnya didalem."(sembari menarik tangan jamila)
 "Iya bu"(jamila yang mengikuti langkah ibu carly)
"Eh yang ditunggu-tunggu udah nongol?"(ledek rahman sembari berdiri dari kursinya)
 "Ah kamu man. Oh iya ini siapa man? Yaa dikenalin ke saya. "(Melirik tuti)
 "Tuti mbak."(sembari menyodorkan tangan)
 "Jamila. Wah cantik pacar kamu man. Anak mana? Kalo bawak cewek harus di jaga hati-hati. Awas kecantol dengan laki-laki lain. Hahah"(tawa jamila)
 "Ah mbak bisa aja."(jawab tuti)
 "Aman jam. Bakal dijaga selalu. Haha"(tawa rahman)
 "Oh iya bu. Carly mana?"(tanya jamila kepada ibu carly)
 "Tuh anaknya."(sembari melirik ke arah dapur)
"Pesanan telah sampai."(sahut carly berjalan keluar dari dapur)
 "Nah tuan rumahnya udah sampe,(sembari mengambil gelas kopi dari carly) tuh.. uda di tungguin nyonya? Hhaha"(rahman yang ngeledek carly)
 "Apaan man."(sahut jamila sambil tersipu malu)
 "Eh uda dateng. Nyasar gak jam nyariin  rumah ku. Haha"(sembari duduk di sebelah ibunya)
 "Gak kok. Aman ly, aku gak bakal lupa alamat kamu hehe."(tawa jamila)
 Dalam hati carly begitu gugup. Begitu cantik jamila hari ini. Dengan pakaian hijab pinknya. Di hiasi kaca mata, dan tentunya senyumannya yang tetap sama. Dari dulu sampai sekarang. Wanita tercantik dan paling cantik.
 "Oh ya, hari ini ceritanya mau kemana aja?"(tanya carly)
 "Palingan ke pasar aja ly. Terus nanti kita buat dekorasi di rumah. Ceritanya, Ayah mau ngumpulin pemuda dan pemudi desa(Karang Taruna)."(jawab jamila)
 "Ooo.. memang ada agenda apaan ni jam?"
 "Gak tau ayah. Entar malem lah kalo pengen tau. Hehe(pungkas jamila)
 "Iya iya. Oh ya mau minum apa ni jam?:(tanya carly)
 "Apaan aja ly. Yang penting kamu iklas. Hehe"(sahut jamila)
 "Iklas ly, dengerin tu kata jamila. Asal kamu iklas. Hati kamu di kasihin ke jamila aja dia gak bakal nolak. Hehe"(tawa rahman)
 "Hus apaan, si... man. Bahas yang lain napa haha"(jawab jamila sembari menunduk malu sama ibunya carly)
 "Sudah-sudah... ngopi dulu man. Itu si tuti dari tadi diem aja? Ngomong-ngomong apa kabar bapak dan ibu kamu tut?"(tanya ibu carly kepada tuti)
 "Alhamdulillah baik semua bu. Bapak masih sering ke sawah. Udah mau panen kayanya."
 "Ooo... ya syukurlah. Hmm... ajak-ajakin ibu kalo mau upahan ngarit padi yah tut. Bilang ke bapak kamu?"
 "Oo siap bu. Nanti tuti sampein."(sahut tuti)
 "Oh iya tut, (melirik tuti) sekarang kamu kelas berapa?"(tanya jamila)
 "Alhamdulillah mbak. Udah naek kelas 3 SMA. "
 "Mantap tu. SMA mana?"
 "SMA Negeri 1 PagarAlam mbak."
 "Wah sekolah unggulan tu tut. Jarang-jarang anak-anak perdesaan kayak kita. Bisa masuk ke sekolah itu."
 "Alhamdulillah mbak. Rezeki saya kalo kata bapak."(tuti pun tersenyum)
 "Oh ya sudah. Yang rajin belajarnya biar cepet lulus. Nanti kalo sudah lulus susul mbak di Jakarta. Kalo bisa Kuliah disana."(tawaran jamila kepada tuti)
 "Ia mbak."(sahut tuti)
"Man.. siap-siap ditinggal kamu?"(ledek carly)
 "Haha biarlah ly. Aku si percaya kalo sama tuti. Ya gak tut?"(lirik rahman ke tuti)
 "Iya iya... hehe"(sahut tuti)
 "Oh ya jam. Rencana berapa lama balik kampung?"(tanya carly kepada jamila)
 "Inshaallah 2 bulan ly. Seminggu sevelum masuk Semester 3 baru balik lagi ke Jakarta."(jawab jamila)
 "Hmm.. memang embak kuliah dimana?"(tanya tuti)
 "Mbak kuliah di UI (Universitas Indonesia),"
 "Masyaallah. Keren mbak. Itu salah satu Universitas terbaik di Indonesia. Tuti juga mau, kalo ada caranya bisa kuliah disana."(jawab tuti sembari menundukkan kepala)
 "Kamu bisa kok tut. Selagi ada kemampuan inshaallah ada banyak jalan. Yang terpenting, jangan lupa berdo'a dan beriktiar. Minta sama Allah SWT. Inshaallah bakal di ijabah."(jawab jamila)
 "Aamiin mbak. Allahumma aamiin. Terima kasih mbak motovasinya."(jawab tuti yang senang)
 Melihat cara bicara jamila sekarang membuatku makin kagum. Kecakapannya, kebaikannya dan kecantikannya memancarkan hal istimewa di dirinya. Jam, andai kamu mau... aku sebenernya suka sama kamu. Kamu itu seperti rembulan jam, yang datang disaat aku sepi, lama sudah ku pendamkan perasaanku. Dari dulu sampai sekarang, masih tetap sama jam. Kamu... ya kamu jam. Cuma kamu! ... (bisik lirih suara hati carly.)
*Bersambung......*