1. Hari 1: diisi dengan pembukaan resmi, pengenalan kampus, dan orientasi dasar. Mahasiswa baru diperkenalkan dengan struktur universitas, fakultas, dan program studi.
2. Hari 2: Fokus pada pengenalan akademik, termasuk sistem perkuliahan, metode pembelajaran, dan fasilitas pendukung seperti perpustakaan dan laboratorium.
3. Hari 3: Sering kali mencakup pengenalan organisasi mahasiswa, kegiatan ekstrakurikuler, dan berbagai kesempatan pengembangan diri di kampus.
4. Hari 4: melakukan kegiatan game outbound yang sangat seru, sehingga membuat mahasiswa baru senang untuk hari terakhir pkkmb.
Kesan
1. Antusiasme: Mahasiswa baru umumnya merasa bersemangat mengenal lingkungan baru dan teman-teman baru.
2. Adaptasi: Ada proses penyesuaian diri terhadap lingkungan dan sistem baru yang mungkin berbeda dari sekolah menengah.
3. Kelelahan positif: Padatnya kegiatan bisa membuat lelah, tapi juga memberikan banyak pengalaman baru yang berharga.
4. Pertemanan: Banyak mahasiswa merasa senang bisa berkenalan dan mulai membangun pertemanan dengan teman sebaya dari berbagai latar belakang.
5. Wawasan baru: Mahasiswa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kehidupan kampus, tanggung jawab akademik, dan peluang pengembangan diri.
6. Sedikit gugup: Wajar jika ada perasaan gugup atau cemas menghadapi lingkungan dan tantangan baru.
7. Motivasi: Kegiatan motivasi dan pengenalan prestasi alumni biasanya menginspirasi mahasiswa untuk memulai perkuliahan dengan semangat.