Mohon tunggu...
KOMENTAR
Otomotif Pilihan

Plus Minus Nissan March 2014, Catatan Usai Test Drive Kompasiana

11 Juni 2014   19:01 Diperbarui: 4 April 2017   17:52 20870 0
Setelah menjajal Nissan March saat diundang Kompasiana menjadi 1 dari 28 peserta Rally Wisata dan Test Drive minggu lalu, saya makin penasaran. Apa saja yang menjadi keistimewaan Nissan March?

Untuk mencari istimewa, ya kita membandingkan dengan Nissan March yang lama. Bandingkan apel dengan apel, jangan dengan mangga apalagi duren, pasti beda lah. Ada 5 hal yang menurut saya penting diulas.

Sebelum mengotak atik,  ternyata  mesin Nissan March 1.5  masih diproduksi di luar Indonesia sampai saat ini.  Sedangkan mesin Nissan March 1.2 untuk mengejar harga jual mereka pun telah berlabel CKD. Jadi walau merek sama, tetapi jerohan dalam Nissan March 1.5 dan 1.2 berbeda loh.

Dari hasil membaca dan menjajal langsung, ada beberapa point penting yang perlu Kompasianer tahu.

1. Fitur Safety
Mendengar kata “Nissan” masih lekat diingatan kasus terbakarnya Nissan Juke yang spektakuler karena membakar habis mobil dan pengemudinya siswa Morning Star Academy Jakarta.  Karena itu, saya mencari tahu  fitur safety Nissan March 2014 ini.

Bahwa Konsep Nissan akan "Sebuah kendaraan yang membantu melindungi manusia" Nissan selalu melakukan inovasi dalam teknologi keamanan sebagi bagian dari konsep "safety shield" yakni pendekatan beragam langkah yang dapat membantu pengendara dan penumpang dalam menghindari bahaya dalam situasi yang berbeda-beda, mulai dari menghindari resiko yang belum terjadi sampai pasca-tabrakan.

Fitur Safety yang ada di Nissan March 2014 tipe 1.5 L adalah


  • Anti-lock Braking System ABS yakni sistem pencegahan roda terkunci saat rem mendadak. Membantu pengendalian mobil saat pengereman mendadak sehingga memudahkan menghindar dalam kondisi darurat.
  • Electronic Braking Distribution EBD yang membuat pengereman menjadi lebih baik, mengurangi jarak pengereman dan menjaga keseimbagnan mobil saat rem mendadak
  • Brake Assist yang membantu kinerja rem dengan mengurani jarak pengereman
  • Yang baru adalah  fitur keamanan yang disebut  Vehicle Dynamic Control VDC. Teknologi keselamatan baru yang mengurangi efek understeer maupun overstree saat melakukan manuver secara ekstrim. Sistem ini secara otomatis mengurangi suplai bensin ruang bakar, menurunkan transmisi, dan mengerem roda tertentu.
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun