Proyek ini melibatkan seluruh siswa dan guru di SD Mojosari 02. Mereka bekerja sama dalam berbagai kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan terhadap Pancasila. Proyek ini dilaksanakan dengan semangat dan antusiasme yang tinggi, karena semua pihak menyadari pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam membentuk karakter generasi muda yang berkualitas.
Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam proyek ini adalah pembentukan kelompok diskusi. Setiap minggu, siswa-siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang dipimpin oleh guru-guru mereka. Dalam kelompok diskusi ini, para siswa diajak untuk berdiskusi dan berbagi pendapat mengenai berbagai aspek Pancasila. Mereka belajar bagaimana menerapkan nilai-nilai seperti gotong royong, keadilan, persatuan, dan demokrasi dalam kehidupan sehari-hari.
Selain itu, proyek ini juga melibatkan pembuatan karya seni yang terinspirasi oleh Pancasila. Setiap siswa diberikan kebebasan untuk mengekspresikan pemahaman mereka tentang Pancasila melalui seni lukis, seni tari, atau seni patung. Hasil karya seni mereka dipamerkan di sekolah, sehingga seluruh siswa dan guru dapat melihat dan mengapresiasi kreativitas mereka.
Tak hanya itu, para siswa juga diajak untuk melakukan kunjungan ke berbagai tempat bersejarah yang memiliki hubungan dengan Pancasila. Mereka mengunjungi Monumen Pancasila Sakti dan Museum Pancasila di Jakarta, serta beberapa tempat lain yang memiliki nilai-nilai sejarah yang penting. Melalui kunjungan ini, para siswa dapat melihat secara langsung bagaimana Pancasila diterapkan dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.