Pada hakikatnya manusia akan terus mengalami perubahan ataupun perkembangan. Dari yang belum tau menjadi tau, dari yang belum mampu menjadi mampu. Oleh karenanya, manusia akan terus membutuhkan pembelajaran dalam proses hidupnya. Dalam artikel ini akan kita bahas proses, tujuan, hasil, dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan belajar dan pembelajarannya.Berikut faktor yang mempengaruhi proses dan hasil pembelajaran :1. Guru (Fisik, kejiwaan, dll)2. Siswa (Fisik, kejiwaan, dll)3. Tujuan pembelajaran (kejelasan, urgensi, tingkat kesulitan, tingkat perkembangan siswa,dll)4. Materi pembelajaran (jenisnya, kejelasan materi, daya tarik, sistematika, dll)5. Instrumen (kelengkapan, dll)6. Lingkungan (fisik, sosial, dll)Kesemuanya dapat mempengaruhi proses dan hasil dari proses pembelajaran yang dilakukan dan akan berpengaruh terhadap keberhasilan tujuan proses belajar mengajar yakni mencapai perilaku yang diharapkan daat dicapai oleh siswa sehubungan dengan proses belajar dan pembelajaran.
Urgensi penetapan dan perumusan tujuan belajar dan pembelajarannya yaitu :1. Alat atau instrumen evaluasi2. Materi3. Pemilihan sarana, dsb.Â
Dalam tujuan belajar dan pembelajaran ada beberapa jenis, diantaranya :1. Tujuan Kurikuler (standar kompetensi)2. Tujuan kompetensi dasar3. Tujuan khusus atau indikator pencapaiannya
Selain ini terdapat pula penentu tujuan belajar dan pembelajarannya yang terdiri dari :1. Perilaku kognitif (berkaitan dengan berfikir atau mengingat)2. Perilaku afektif3. Perilaku psikomotor
Jika semua tujuan tersebut dapat tercapai, maka kegiatan belajar dan pembelajaran dapat dikatakan sukses.Terima kasih, semoga bermanfaat :)
KEMBALI KE ARTIKEL