Sedang asyik buat draft surat ,salah seorang staf mendatangiku dan mengatakan bahwa ada seorang bapak yang mau ketemu.Aku lihat ternyata bapak yang tadi aku obati dan diberi surat keterangan sakit untuk 2 hari. Ada apa pak?Ada yang bisa saya bantu?tanyaku. Dia tak menjawab pertanyaanku namun tangannya diulurkan menjabat tanganku sambil mengucapkan terimakasih. Lo,kok ada uang yang diselipkan? Aku terkejut dan melihat uang seratus ribu di tanganku. Wah,jumlah yang lumayan besar untuk tingkat puskesmas karena tarif berobat hanya lima ribu rupiah. "Apa ini pak?" tanya saya. "Ini tanda ucapan terimakasih saya atas pelayanan di puskesmas ini"jawabnya. "Oh tidak perlu pak,ucapan terimakasih tulus dari bapak sudah lebih dari nilai uang ini" sahutku sambil menyerahkan uang itu kembali. Dia tak mau menerima namun aku juga berkeras mengembalikannya. Kalau memang bapak puas akan pelayanan kami bapak bisa buat Surat Pembaca ke media yang bisa sekaligus sebagai media promosi kami.Akhirnya dia menerima kembali uangnya sambil mengatakan bahwa dia akan menulis surat pembaca itu.Dia kemudian pergi sambil mengucapkan terimakasih.
Kami semua saling berpandangan antara heran dan senang,tiba-tiba salah satu staf nyeletuk "Seharusnya ibu terima aja..hitung-hitung buat makan siang..diakan temannya Gayus tuh bu". Maksudnya?Dia kerja di perpajakan? tanyaku. "Iya bu..Nah,justru karena dia di perpajakan ntar kita malah dituduh menerima gratifikasi lagi..he he..jawabku.
Dan ketika kami tertawa bersama-sama itu tiba-tiba bapak itu sudah hadir kembali dengan membawa 2 bungkusan plastik besar. Aku terkejut lagi dan dia bilang " Kali ini ibu tidak boleh menolak makanan ini yang saya anggap sebagai makan bersama mempererat tali silaturrahmi.Bila ibu masih menolak saya akan merasa tersinggung sekali". Wah..maksa nih orang..he he..Saya tersenyum dan menerimanya dengan senang hati.Alhamdulillah..sibapak tau aja saya belum sarapan..he he.."Salam sama gayus ya pak,bilangin kalau sakit berobatnya kepuskesmas kami aja".jawabku. Dia tertawa lebar dan bilang "Ah, bu dokter bisa aja".
Pagi yang benar-benar cerah dan menjadi hari yang indah buatku.Ucapan terimakasih kepuasan pelanggan adalah segalanya buat kami dan tentu saja semakin menambah semangat bekerja. Terimakasih pak atas terimakasihnya dan makanannya..Terimakasih buat seluruh stafku,kalian buat aku bangga. Semoga semakin banyak pelanggan yang meniru hal ini sehingga kami bisa makan siang gratisan..he he..