Yang kedua, saya ikut pelatihan di P4TK Matematika Yogyakarta kala itu bekerja sama dengan Microsoft. Sayangnya, saya yang ikut pada angkatan kedua tidak bisa mengikuti pelatihan itu dengan khusuk. Penyebabnya, saya harus mengikuti penandatangan naskah pemberian bantuan dana dari SEAMEO QITEP in Mathemathics. Meskipun tempatnya hanya berseberangan, dipisah oleh halaman, saya tetap tidak bisa mendua. Akhirnya saya hanya bisa memperoleh sedikit bayangan tentang hal tersebut.
Berikutnya, itu saya hal itu saya terima kembali kali ini, kala saya terdaftar sebagai peserta diklat online 2013 dari P4TK Matematika di angkatan pertama. Tugas membuat video pembelajaran membuat saya terpaksa belajar lagi. Belajar juga untuk mendownload screencash. Sayangnya screencash yang saya unduh berbeda dengan yang ada di panduan. Paling tidak dari sisi penampilan. Terpaksa saya download ulang. Yang di komputer sekolah nyatanya sama dengan yang dari P4TK. Tetapi komputer sekolah adalah S3 (sudah sangat sepuh) sehingga ketika saya membuat via komputer sekolah, hasilnya kurang maksimal.
Terpaksa malam-malam saya buat ulang di rumah dengan komputer jinjing. Entah sudah telat atau belum, tetrapi saya tetap menuliskannya di sini. Yang jelas, simpulan saya ketika akhirnya berhasil membuat video tersebut adalah: Jangan-jangan saya jadi ketagihan untuk membuat video pembelajaran. Ini videonya
http://www.youtube.com/watch?v=ewE5rFFvdPM&feature=youtu.be
Ada kepuasan ketika berhasil membuatnya. Biar jelek asal karya sendiri.