Mohon tunggu...
KOMENTAR
Inovasi

RoI di Social Media: Misteri Terbesar Social Commerce

4 Maret 2015   15:47 Diperbarui: 17 Juni 2015   10:11 161 0
  • Anda memasang iklan billboard di sebuah jalan raya yang diasumsikan setiap hari lalu-lalang 200.000 orang. Selesai. Anda tidak tahu berapa orang yang lalu-lalang itu melihat iklan anda per hari. Memang begini cara kerjanya, anda maklum dan menerima.
  • Anda memasang iklan di koran atau majalah dengan oplah 25.000 per edisi. Selesai. Anda tidak tahu berapa orang yang melihat iklan anda itu per hari. Memang begini cara kerjanya, anda maklum dan menerima.
  • Anda memasang iklan di sebuah akun buzzer social media dengan 100.000 follower. Anda mungkin berharap selesai karena berpikir cara kerja social media sama dengan media konvensional. Namun ketika seseorang ‘menyadarkan' anda bahwa tidak selesai sampai di situ, anda akan langsung berhadapan dengan setumpuk data yang akan membuat anda teriak, "Data apa ini! Bagaimana cara membacanya! Apa hubungannya data ini dengan jualan saya!". Padahal itu baru data kinerja iklan pada buzzer, belum kepada data kinerja misalnya anda memiliki akun social commerce sendiri yang jauh lebih kompleks.
Wes Nicholas, Co-Founder dan CEO MarketShare mengatakan, "Pelaku bisnis hanya mau berinvestasi ketika mereka sudah paham betul bagaimana sesuatu bekerja. Karena itu mereka perlu mendapatkan pandangan yang komprehensif atas performa marketing mereka, bukan hanya sekedar taktik dengan meluaskan medium pemasaran."
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun