Kemampuan motorik halus dalam hal kemampuan koordinasi mata dan tangan merupakan bentuk pengendalian dari gerakan mata yang akan memberikan respon langsung pada tangan sebagai anggota gerak untuk menciptakan sebuah gerakan yang kompleks dalam waktu bersamaan. Kemampuan ini merupakan kemampuan yang sangat penting bagi anak usia dini khususnya usia 5-6 tahun agar segala aktivitasnya atau suatu pekerjaan sederhana baginya dapat diselesaikan dengan baik. Beberapa anak yang mengalami kesulitan dalam hal kemampuan mengkoordinasikan gerakan mata dan tangan diantaranya disebabkan faktor peran orang tua, stimulus lingkungan, kesempatan berlatih, faktor fisik/psikis, motivasi, model atsu metode pembelajaan yang kurang menarik dan tidak bervariasi di sekolah. Peran Guru adalah mendesain pembelajaran inovatif melalui metode pembelajaran yang menghasilkan suatu proyek melalui kegiatan 3M (mewarnai, mrnggunting, menempel) untuk membuat suatu hasil karya, karena kegiatan tersebut dapat menstimulasi dan melatih koordinasi gerak mata dan tangan anak. Guru dapat berkreasi membuat suatu media belajar yang menarik sesuai dengan tema pembelajaran dengan kegiatan 3M (mewarnai, menempel, menggunting). Dengan demikian kemampuan koordinasi gerakan mata dan tangan anak usia 5-6 tahun dapat terlatih dengan baik.
KEMBALI KE ARTIKEL