KOMENTAR

Asiknya Menjelajah Kebun Binatang

9 Oktober 2012   10:57 Diperbarui: 24 Juni 2015   23:02 390 0

Tulisanku kali ini akan membahas kebun bintang yang ada di daerah Yogyakarta. Tepatnya di jalan.Kebun Raya No.2 Yogyakarta. Nama kebun bintangnya yaitu kebun binatang gembira loka, dan kebetulan tulisan ini merupakan pengalaman pribadiku.

Awal tahun 2012, keluargaku yang terdiri dariBapak, Ibu dan adikku dateng ke jogja buat nengok aku yang memang sedang kuliah ke jogja. Mereka juga sengaja dateng buat berlibur di kota gudeg ini. Mereka datang pada hari sabtu sore dengan menggunakan kereta api dari subang. Rasanya seneng banget ditengok sama keluarga, karna memang udah lama gak ketemu dan kangennya udah gak kebendung. Ketika baru datang, kami langsung makan bersama di salah satu warung lesehan yang ada di sekitar kampusku. Wah, nikmat banget deh acara makan pas waktu itu. Kemudian malamnya kami pergi jalan-jalan mengunjungi alun-alun kidul atau selatan yang ada beringin kembarnya dan deket dari kawasan kraton jogja. Berhubung waktu itu malam minggu, jadi situasinya rame banget dan banyak orang yang jalan-jalan menggunakan sepeda lampu yang memang sengaja disewakan di alun-alun. Setelah larut malam, akhirnya kami memutuskan untuk pulang ke tempat kosku dan beristirahat.

Minggu pagi, kira-kira pukul 08:00 kami sudah siap untuk pergi rekreasi ke kebun binatang gembora loka. Jaraknya lumayan deket dari tempat kosku dan bisa dijangkau menggunakan trans jogja dengan biaya sebesar 3000 rupiah. Setelah kami sampai di gembira loka, kami langsung membeli tiket untuk 4 orang, harganya 20.000 rupiah karna kebetulan itu hari libur, itu juga sudah 1 paket untuk naik perahu katamaran. Kalo hari-hari biasa harganya cuma 15.000 aja. Tapi sebelum menyusuri kebun binatang, kami sarapan terlebih dahulu di salah satu warung yang ada di sekitar gembira loka. Setelah kenyang barulah kami masuk ke area kebun binatang dan langsung disambut oleh tanaman hiasa yang dipahat membentuk binatang kanguru. Saat itu juga, aku gak menunda buat berfoto ria bareng adik kecilku.

Di gembira loka kita juga bisa menikmati naik perahu boat yang memacu adrenalin kita, dan letaknya persis di tengah-tengah area kebun binatang lengkap ada ombak buatannya juga loh. Kita juga bisa menaiki gajah sumatera hanya dengan biaya 5000 rupiah aja per orangnya. Asik deh kayaknya bisa duduk di punggung gajah, tapi sayangnya cuma ibu dan adikku aja yang berani untuk gajah. Sedangkan aku Cuma nunggu di arena kandang gajah sambil hunting foto. Oh iya, di gembira loka ini kita bisa menyusurinya hanya dengan berjalan kaki, gak pake kendaraan. Jadi kita bisa muas-muasin liat binatang yang ada. Asal hati-hati aja kalo pas liat harimau.

Binatang-binatang yang ada di gembira loka cukup lengkap loh. Mulai dari rusa tutul, ikan patin albino, julang emas, katak pesek, soa payung, dan masih banyak lagi dari jenis reftil maupun amfibi. Terus juga bagi yang rindu naik perahu tradisional atau yang biasa disebut gethek di daerahku, yaitu rangkaian bambu yang direkatkan, kemudian di kayuh menggunakan sebatang bambu, dan bagi yang naiknya harus sambil berdiri. Nah di gembira loka juga ada loh, kita juga bebas naiknya buat nyebrang ke sisi sungai dan gratis.

Bagi temen-temen yang bingung akhir pekan minggu ini mau rekreasi kemana, kebun bunatang bisa jadi solusi yang tepat ni. Apalagi buat warga sekitar jogja, ayo ke gembira loka. Selain harganya yang murah dan terjangkau, koleksi binatang yang ada pun lengkap. Oh iya, bukan hanya binatang aja yang di koleksi di kebun binatang ini, aneka pohon-pohonan pun ada. Selain itu, kebun binatang juga bisa jadi tempat belajar bagi anak-anak untuk mengenal aneka binatang.Jadi tunggu apalagi ? ayo ke kebun binatang.