Dalam pemasaran, ada yang namanya marketing plan. Dan salah satu cakupannya adalah strategi pemasaran. Aspek ini sangat penting bagi suatu perusahaan, karena dalam strategi ada langkah-langkah untuk mencapai suatu tujuan. Secara spesifik lagi, strategi ini terdiri atas rangkaian rencana dan rancangan program tentang proses pencapaian goals.
Secara universal, ada 4 konsep dasar dalam marketing. Di dalamnya juga termasuk rencana pemasaran, yang mana harus diketahui oleh calon pengusaha, atau pun marketer. Di bawah ini adalah penjelasan lengkapnya:
4 Konsep Dasar dalam Marketing
1. Produksi
Tahap ini adalah sebuah proses pengolahan bahan baku mentah, ke bahan jadi. Ini dilakukan dalam rangka menambah nilai atau harga suatu produk. Baik itu barang maupun jasa, tujuannya tak lain adalah untuk mendapatkan produk terbaik. Tim marketing harus terlebih dahulu melakukan sebuah riset sehingga memahami apa yang paling dibutuhkan oleh pasar.
2. Produk
Produk merupakan sesuatu (hasil), yang ditawarkan oleh penjual kepada masyarakat sebagai target konsumen. Secara umum, produk terbagi dalam tiga kategori, antara lain: Gagasan, barang, dan jasa. Perlu diketahui, kalau setiap orang pasti menginginkan produk dengan kualitas terbaik. Namun harganya juga terjangkau.
3. Marketing
Marketing atau pemasaran, merupakan rangkaian kegiatan individu atau organisasi. Dalam usaha untuk menjaga permintaan pasar. Proses tersebut meliputi: Menciptakan produk hingga transaksi. Hingga produk sampai ke tangan konsumen. Dimana sebelumnya pasti sudah melalui proses seperti promosi, tawar menawar, deal, pemesanan, dan sebagainya.
4. Penjualan
Konsep terakhir dalam marketing adalah penjualan produk. Semakin banyak produk yang terjual, maka semakin tinggi pula nilai keuntungan yang didapatkan. Untuk bisa mencapai target nominal tertentu, banyak pihak yang kemudian merekrut reseller. Atau secara cuma-cuma memberikan reward kepada customer setia supaya tetap berlangganan.