Bekerja di perusahaan-perusahaan Jepang, pada umumnya untuk aktivitas kaizen ini sudah menjadi budaya dan wajib dilakukan oleh setiap elemen pekerja. Karena, akan berdampak pada meningkatnya produktivitas pekerja, kenyamanan bekerja, keselamatan bekerja, dan dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan-perusahaan maupun karyawan-karyawan yang konsisten dan dapat mengambil manfaat dari adanya aktivitas kaizen tersebut untuk dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Komitmen manajemen untuk mereview dan menganalisa serta mendukung aktivitas kaizen ini, juga sangat diperlukan, agar kedepannya keberlangsungan perusahaan dapat terjaga terutama melalui aktivitas kaizen ini. Karena, dengan kaizen dapat sebagai salah satu bentuk kontrol manajemen untuk memantau tingkat kepedulian dan kontribusi para pekerja atau karyawannya bagi keberlangsungan perusahaan.
Pemberian reward terkadang juga perlu, tidak perlu dalam bentuk materi. Reward dapat memotivasi dan mendorong karyawan agar bersemangat dan berkontribusi bagi perkembangan perusahaan-perusahaan. Perkembangan perusahaan sangat penting sekali bagi semua elemen-elemen yang ada di perusahaan tersebut dan akan berdampak pada kesejahteraan yang didapat, baik oleh semua elemen karyawan maupun bagi perusahaan tersebut.
Aktivitas kaizen ini juga dapat diimplementasikan pada perusahaan-perusahaan yang belum menerapkan aktivitas kaizen ini, atau dapat juga diimplementasikan dalam bidang lainnya, dalam kehidupan sehari-hari maupun dilingkungan sekitar kita.
semoga share pengalaman mengenai kaizen ini bermanfaat.
GANBATTE KUDASAI !!!