Pembelajaran bermakna sangat dibutuhkan oleh peserta didik untuk memperoleh pengetahuan dan memaksimalkan potensi diri mereka. Pembelajaran bermakan memungkinkan siswa untuk dapat berpikir kritis dan berkolaborasi dalam belajar. Namun sayangnya, pembelajaran bermakna sering tidak terlaksana di dalam ruang-ruang kelas, sehingga membuat siswa kurang antusias dan mudah merasa bosan saat belajar. Untuk mengatasi hal tersebut, maka guru perlu melakukan tindakan agar dapat mewujudkan pembelajaran yang bermakna. Berikut adalah hal-hal yang melatar belakanginya:
- Kurangnya background knowledge siswa terhadap topik yang dibahas
- Lemahnya kemampuan siswa membuat kalimat simple present tense.Â
- Lemahnya kemampuan siswa mengembangkan ide menjadi kalimat
- Rendahnya kemampuan siswa dalam berkomunikasi dalam Bahasa Inggris
- Guru belum menerapkan pembelajaran yang inovatif
- Guru jarang menggunakan media yang dapat membantu siswa untuk menulis teks.
KEMBALI KE ARTIKEL