Pastinya Anda tidak asing lagi dengan TikTok Shop, sebuah fitur belanja online yang terintegrasi dalam aplikasi TikTok. Hal tersebut berarti TikTok Shop juga terintegrasi dengan format video pendek yang dipakai TikTok, sehingga memungkinkan pengguna untuk langsung membeli sebuah produk dengan menekan sebuah ikon dalam video pendek yang mereka tonton. Cara pembelian yang beragam tapi praktis ini memudahkan interaksi pembeli dan toko, serta menjembatani sela antara e-commerce dan hiburan.
Fitur yang diluncurkan pada 17 April 2021 ini telah menjadi salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia. Bahkan platform ini telah menyalip Tokopedia dan Bukalapak dalam kurun waktu 3 tahun.
Menurut informasi dari TMO Group, 9% ( Rp76,8 triliun) dari transaksi bruto e-commerce di Indonesia berasal dari TikTok Shop. Persentase ini baru menunjukkan transaksi yang terjadi eksklusif di TikTok Shop. Setelah mengakuisisi Tokopedia pada Desember 2023, transaksi TikTok Shop di Indonesia pun semakin meningkat.