Mohon tunggu...
KOMENTAR
Sosbud

Calo yang Kian Menjamur di Stasiun Kereta Api

27 Agustus 2010   10:15 Diperbarui: 26 Juni 2015   13:40 225 0

“Tradisi mudik lebarandalam bayang-bayang calo”

Di dalam peron, sesekali terdengar suara petugas kereta api Stasiun Balapan Solo.”perhatian kepada para penumpang tujuan jogjakarta, sebentar lagi kereta pramex(prambanan express) tujuan jogjakarta akan tiba di jalur 2, bagi para penumpang yang masih berada di luar peron harap segera menunggu di jalur pemberangkatan kereta”. Dan tak lama kemudian kereta Pramex itu tiba dengan membunyikan sinyalnya.

Suasana di Stasiun Balapan Solo siang itu Sabtu (21/8) tampak lengang. Hanya terlihat kesibukan para pedagang yang hilir mudik menawarkan dagangannya. Di Loket pembelian karcis kereta api tampak sedikit saja antrian calon penumpang. Merekaberbaris di loket dengan kereta tujuan Solo-Jakarta. Jumlah barisan orang yang mengantri di depan loket hanya ada 2 saja. Sebelum masuk ke barisan itu, mereka terlebih dahulu mengisi formulir pemesan karcis. Tempat formulir ini berada di sisi sebelah kiri kanan. Formulir pemesan karcis ini cukup banyak di sediakan oleh PT Kereta Api. Formulir isian pemesanan karcis ini ada beberapa poin penting yang perlu di isi yaitu nama, alamat, telepon, nama kereta api, tanggal dan jam pemberangkatan, tujuan, jenis kelas kereta api (eksekutif/bisnis) dan jumlah penumpang kereta api (dewasa/anak). Paling akhir isian terdapat tanda tangan pemesan yang harus di bubuhkan beserta nama jelas pemesan.

Bagi calon penumpang dianjurkan mengisi semua daftar isian yang ada di formulir ini. Ini merupakan cara agar proses pemesanan dapat cepat dan sesuai dengan identitas pemesan kereta api. Di pojok kiri bawah formulir pemesanan juga ada peringan yang berbunyi :PERHATIKAN. Poin pertama,periksa karcis anda! Apakah sudah sesuai dengan pesanan Anda?. Kedua. Pembelian KARCIS diluar loket atau agen resmi bukan tanggung jawab Kami. Ketiga. Bagi penumpang yang namanya tidak sesuai dengan tiket akan kehilangan hak : Asuransi,service recovery dan pembatalan. Poin pertama menekankan bahwa tiket yang dipesan harus sama dengan formulir yang sudah di isi tadi, jika tidak sesuai lalu bagaimana?. Poin yang kedua menekankan bahwa kalau membeli karcis harus di loket resmi dan bukan loket bayangan (calo). Poin yang ketiga menekankan tentang identitas penumpang kereta api bahwa identitas ini harus sama kalau bisa sesuai dengan KTP/identitas lainnya.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun