Judul Modul  : Modul 1.4 Budaya Positif
Nama Peserta: Hasanudin, S.Kom., M.T.I., Gr
- Latar belakang
Menurut Ki Hadjar Dewantara, sebagai pendidik harus berpihak pada murid artinya guru harus memberikan kesenangan dalam pembelajaran dengan model-model pembelajaran. Di lain itu sekolah pun harus nyaman, aman dan menyenangkan agar murid dapat berpikir, bertindak sesuai budaya positif yang ada di sekolah. Salah satu untuk membangun budaya positif dengan membentuk suatu keyakinan kelas dan menerapkan segitiga restitusi oleh semua ekosistem yang ada disekolah. Agar keyakinan kelas ini bisa di laksanakan dengan membuat tahapan antara guru dan murid sebagai langkah pertama untuk membangun dan menumbuhkan budaya positif di sekolah. Dan semua warga sekolah harus menerapkan segitiga restitusi untuk menuntun atau membimbing murid agar disiplin dan menjadi murid yang sesuai profil pelajar pancasila.
- Tujuan
Tujuan dari budaya positif ini untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada murid dan rasa keyakinan kelas antara guru dan murid, Menumbuhkan motivasi instrinsik murid, Menumbuhkan budaya positif, Menumbuhkan beriman kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia, dan menumbuhkan disiplin positif agar murid dapat mandiri dalam menyelesaikan masalah sebagai bentuk kemandirian.
- Tolak Ukur
- Â Terbentuknya tahapan keyakinan kelas sesuai dengan konsep profil pelajar pancasila;
- Guru dan peserta didik mampu melaksanakan dan menerapkan keyakinan kelas dengan keikhlasan murid tanpa ada paksaan;
- Peserta didik dapat mandiri dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang ada di sekolah;
- Guru dan peserta didik dapat menerapkan keyakinan kelas, budaya positif, dan  segitiga restitusi secara berkomitmen untuk sekolah yang merdeka belajar;
- Peserta didik dapat menunjukan perubahan prilaku dari proses budaya positif.