Laporan bertajuk e-Conomy Southeast Asia 2022 menunjukkan, transaksi ojek online dan food delivery di Indonesia sebesar US$ 7 miliar tahun lalu. " Nilainya diprediksi meningkat 19 menjadiUS$ 8 miliar tahun ini, " demikian dikutip dari laporan tersebut.
Pada 2019, transaksi ojek online dan food delivery di Indonesia hanya sebesar US$ 6 miliar. Nilai itu naik 9 hingga pencapaian 2021.
Inovasi dan gebrakan yang di adopsi gojek dinilai sangat tepat sasaran karena dapat menjawab kebutuhan masyarakat. kebutuhan masyarakat yang berhubungan dengan transaksi ataupun belanja kebutuhan bisa melalui satu aplikasi.
Ditengah kesibukan jalan di perkotaan yang padat, transaksi online menjadi alternatif pilihan warga dalam menjalani aktifitas keseharian mulai berangkat bekerja, antar sekolah, sampai janji ketemu dengan teman.
Sayangnya layanan seperti Gojek, Grab, dan layanan serupa tidak sampai menyentuh daerah pedesaan yang aksesnya lebih jauh dari perkotaan seperti wilayah Malang selatan.
Malang selatan sendiri memiliki wilayah yang cukup luas dan terdiri dari beberapa kecamatan seperti Dampit, Tirtoyudo, Ampelgading, bantur, dan masih banyak lainnya. Karena tidak masuknya layanan ojek online di kawasan tersebut, masyarakat disana belum bisa menikmati layanan selayaknya di daerah perkotaan.
Sekelompok masyarakat disana berinisiatif membuat layanan serupa agar warga disana juga bisa merasakan layaknya hidup di perkotaan yang serba mudah.
Mereka mengembangkan Mudah Deal sebuah layanan ojek online dan order online yang dikembangkan oleh pemuda lokal setempat demi menunjang kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut. Mudah Deal dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memudahkan aktifitas warga mulai dari order online, ojek online, sampai pengiriman barang.