Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Kinerja UMKM Menggunakan Digital Marketing Saat Pandemi Covid-19

1 Desember 2023   12:02 Diperbarui: 1 Desember 2023   13:10 94 0
A. Perkembangan Usaha Mikro, Kecil -- Menengah (UMKM)  

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu perwujudan konkret ekonomi rakyat yang dirasakan oleh strategis untuk dikembangankan karena didalam sektor ini mampu menyediakan lapangan kerja agar bisa mampu menyerap tenaga kerja yang cukup tinggi sehingga diharapkan dapat membantu peningkatan pendapatan supaya bisa memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Menurut Ghotbifar Marjani, & Ramazani, 2017, kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh rakyat yang secara swadaya mengelola sumber daya yang dapat dikuasainya dan ditunjukan untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dan keluarganya. Ada masalah yang dihadapinya pada pengembangan UMKM yaitu permasalahan internal usaha mikro kecil dan menengah misalnya kemampuan penguasaan teknologi yang rendah sedangkan permasalahan eksternal misalnya iklim usaha yang kurang menguntungkan untuk mengembangkan usaha kecil.

Didalam usaha kecil ini juga memiliki kegagalan yang disebabkan oleh penurunan volume penjualan (declining sales), penurunan laba atau keuntungan (declining profits) dan meningkatkan utang (increasing debt). Ada faktor penyebab kegagalan sektor usaha kecil agar dapat berkembang seperti lemahnya pengambilan keputusan (poor decisionmaking abilitiy), kurang pengalaman (lack of experience) dan lemahnya pengawasan keuangan (poor financial control). 

Perkembangan usaha mikro kecil yang rendah karena adanya dukungan modal yang terbatas serta nyaris tidak tersentuh dan dianggap tidak memiliki potensi dana pada lembaga keuangan dan dinilai tidak layak oleh bank karena didalam tidak memiliki agunan dan rendahnya tingkat pengembalian pinjaman yang mengakibatkan aksesibilitas pengusaha mikro dan kecil yang sangat rendah pada sumber keuangan formal atau hanya mengandalkan modal sendiri. Berikut juga ada beberapa perkembangan yang didalam sektor perkembanagan usaha mikro kecil diantaranya peningkatan jumlah usaha mikro kecil, pemanfaat teknologi, pengembangan keterampilan dan pelatihan.  

Tantangan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat beragam dan bervariasi, tetapi ada beberapa tantangan umum yang harus dihadapi oleh pelaku UMKM dainataranya : keterbatasan modal, keterbatasan akses pasar, keterbatasan sumber daya manusia dan perubahan teknologi. Untuk mengatasi tantangan ini, UMKM perlu menjalankan strategi yang tepat salah satunya dengan membangun jaringan dan kolaborasi dengan UMKM lain untuk memperluas akses pasar.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun