Mohon tunggu...
KOMENTAR
Worklife

Facility Management

17 April 2024   14:47 Diperbarui: 17 April 2024   14:50 85 0
Mungkin judul tulisan ini sudah tidak asing bagi beberapa kalangan, namun perkenankan penulis untuk mengulas, menyampaikan dan menjelaskan secara singkat untuk istilah yang satu ini. Facility Management mulai dikenal di Indonesia sejak akhir tahun 2005, anda mungkin pernah kenal dengan istilah HRD-General Affair (HRD-GA) atau juga dengan istilah general service atau bagian umum atau rumah tangga kalau di intansi pemerintah atau mungkin pernah mendengar bagian IPSRS (Instansi Pengelolaan/Pemeliharaan Sarana Rumah Sakit) kalau di sebuah RS, saat ini kedua bagian atau istilah tersebut telah bertransformasi, bermetamorposis sederhananya berganti istilah menjadi facility management. Era tahun 1990an sampai pertengahan tahun 2003  bagian ini  kurang populer dikalangan dunia bisnis, formasinya hanya diisi oleh beberapa orang staff sangat jarang ada perusahaan yang menempatkan seseorang sebagai manajer, padahal deskripsi kerja bagian ini  sangat penting untuk berlangsungnya operasional perusahaan, antara lain mengelola officeboy, keamanan, sewa mobil, sewa kantor, sopir, dan memastikan tersedianya segala kebutuhan penunjang kinerja karyawan perusahaan seperti air, telephone, listrik, gas, internet termasuk mencari tukang pasang dan service AC.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun