Mohon tunggu...
KOMENTAR
Financial

Digitalisasi Perbankan dan Dampaknya terhadap Masyarakat dan/atau Nasabah

29 Mei 2024   11:40 Diperbarui: 29 Mei 2024   11:50 92 2
Digitalisasi layanan perbankan adalah perubahan atau transformasi layanan dalam dunia perbankan yang melibatkan penerapan teknologi digital untuk memudahkan dan menyederhanakan layanan proses perbankan. Layanan proses perbankan ini di antaranya adalah sebagai berikut:
1.Perbankan online
Layanan perbankan ini menggunakan jaringan internet yang memungkinkan nasabah bisa melakukan transaksi online seperti pembayaran tagihan listrik dan air secara online, melakukan transfer, dan mengelola rekening tanpa mengunjungi kantor perbankan.
2.Mobile banking
Layanan perbankan ini adalah penggunaan layanan perbankan yang menggunakan aplikasi yang bisa diunduh dari play store seperti BRIMO dan lainya, yang bisa lebih memudahkan nasabah dalam transaksi online yang hanya dengan menggunakan ponsel saja.
3.Fintech
Adalah kolaborasi antara perbankan dengan perusahaan teknologi finansial dalam rangka menghadirkan solusi keuangan yang lebih inovatif seperti pembayaran digital, investasi digital, hingga pinjaman online.
4.Automasi proses
Penggunaan teknologi robotik untuk mengotomatisasi tugas-tugas rutin dan administrasi yang dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya.
5.Keamanan siber
Implementasi teknologi keamanan canggih seperti enkripsi, outentikasi multi-faktor, dan sistem deteksi intrusi untuk melindungi data nasabah dan integritas dengan sistem perbankan.

Ada beberapa faktor yang mendorong terjadinya transformasi digital di dunia perbankan yaitu sebagai berikut :
1.Perkembangan teknologi
Hadir dan berkembangnya teknologi menjadi salah satu faktor utama terjadinya transformasi atau perubahan di segala bidang termasuk dunia perbankan.
2.Keinginan manusia untuk selalu yang baru dan mudah
Hal ini termasuk salah satu faktor terjadinya digitalisasi perbankan karena manusia tidak puas dengan menggunakan layanan perbankan yang harus mengunjungi kantor cabang bank sehingga menuntut untuk melalukan tranformasi layanan perbankan untuk menjadi lebih mudah dan efisien.
3.Layanan perbankan semakin kompleks dan nasabah semakin banyak
Dengan meningkatnya layanan perbankan dan nasabah semakin banyak hal ini dalam rangka memudahkan pengelolaan data dan rekening maka sangat dibutuhkan hadirnya teknologi digital.
4.Efisiensi Operasional dan penghematan biaya
Digitalisasi memungkinkan otomatisasi proses operasional, mengurangi kesalahan manusia, dan dapat menghemat biaya.
5.Regulasi dan kebijakan pemerintah  
Pemerintah dan otoritas jasa keuangan (OJK) mendorong digitalisasi perbankan melalui kebijakan dan regulasi yang mendukung inovasi teknologi di sektor keuangan 

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun