Mohon tunggu...
KOMENTAR
Pendidikan

Kepribadian dan Tingkat Kematangan Siswa

6 Juli 2013   14:01 Diperbarui: 24 Juni 2015   10:56 152 0
Setelah membaca The Organized Teacher yang ditulis oleh Steve Springer, Brandy Alexander, dan Kimberly Persiani-Becker, Ed. D., berikut cuplikan mengenai tingkat kematangan dan kepribadian yang dimiliki siswa di setiap tingkatan sekolah:

TAMAN KANAK-KANAK

* Mampu menjelaskan kebutuhan mereka

* Fokus pada diri sendiri (egois)

* Mempunyai rentang konsentrasi yang relatif pendek

* Sedang melatih kemampuan motorik halus

* Memerlukan instruksi bertahap

* Kebanyakan familiar dengan pengalaman pribadi

* Menikmati kegiatan bernyanyi, menari, dan bermain peran

KELAS SATU

* Belum mampu menangani lebih dari satu pekerjaan di waktu yang sama

* Mampu bekerjasama dalam kelompok

* Mempunyai kesadaran terhadap orang-orang di sekitarnya

* Menikmati belajar melalui kegiatan, permainan, cerita kreatif, menari, dan bernyanyi

* Mampu berkonsentrasi pada tugas

* Saat mengerjakan tugas memerlukan pengecekan

* Lebih nyaman dengan hal yang sudah mereka tahu daripada hal yang sebenarnya bisa mereka lihat

KELAS DUA

* Mandiri, namun tetap membutuhkan pengecekan saat mengerjakan tugas

* Peduli pada alam dan makhluk hidup di sekitarnya

* Berani mengambil risiko, percaya diri pada kemampuannya

* Menikmati ketika mengetahui cara kerja sesuatu

* Menyadari hal-hal baru, seperti TV, radio, film, pakaian, dan mainan

KELAS TIGA

* Antusias dan tertarik untuk mempelajari hal-hal baru

* Mampu mengintrospeksi dirinya sendiri

* Mempunyai ketakutan tidak diterima lingkungan

* Saat bermain memilih teman dengan jenis kelamin sama, namun bisa bekerjasama di kelas dengan teman berbeda

* Menyadari perbedaan antara kenyataan dan imajinasi

* Kreatif dalam karya tulis dan seni

KELAS EMPAT

* Mampu membedakan hal-hal serius dan humor

* Menyadari tingkat-tingkat  kemampuan orang

* Mengenali hal-hal yang mempunyai persamaan dan perbedaan

* Peduli pada popularitas, musik, film, dan TV

* Menekan batas aturan

* Spesifik mengenai hal yang disukai dan tidak, termasuk dalam hal pelajaran

* Bertanggungjawab pada tindakannya sendiri

* Mampu mengintrospeksi diri

KELAS LIMA

* Senang kalau bisa mempunyai ide atau tugas yang orisinal

* Berani bertanggung jawab terhadap sesuatu yang menantang

* Bisa menjadi pemecah masalah

* Menikmati pekerjaan tangan dan menghasilkan benda tiga dimensi

* Bisa bekerjasama dengan satu teman atau lebih

* Mulai frustasi ketika teman sekelas lebih baik dalam mata pelajaran

* cenderung bias gender dan memilih teman berdasarkan minat

* Mampu bekerja secara mandiri dalam jangka waktu lama

* Keunggulan dan kelemahan dalam bidang akademis, fisik, dan kreativitas makin jelas

Sekian info kali ini. Semoga bermanfaat.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun