Buku ini terdiri dari lima bab utama. Bab I membahas pendahuluan yang menjelaskan latar belakang, tujuan, dan struktur buku. Bab II membahas rasionalisasi model pembelajaran, yang mencakup analisis teori-teori pembelajaran bahasa, seperti behaviorisme, kognitivisme, nativisme, kognitif, dan konstruktivisme.
Bab III berfokus pada pengembangan model pembelajaran, termasuk definisi model pembelajaran, konsep pengembangan model, karakteristik model pembelajaran kolaboratif, dan langkah-langkah model pembelajaran kolaboratif. Bab IV memberikan deskripsi rinci tentang model pembelajaran kolaboratif, termasuk teori yang mendukung pengembangan model dan komponen-komponennya.
Bab V merupakan bagian terpenting dari buku ini, yang menyajikan panduan praktis untuk menerapkan model pembelajaran kolaboratif dalam pembelajaran menulis. Bab ini menjabarkan aktivitas-aktivitas spesifik, seperti pertukaran ide, diskusi kelompok, umpan balik, evaluasi bersama, dan refleksi. Selain itu, bab ini juga menyediakan rubrik penilaian untuk menulis akademik, yang mencakup penilaian penulisan esai, resensi buku, dan artikel jurnal.
Secara keseluruhan, buku ini menawarkan pendekatan yang inovatif dan komprehensif dalam pembelajaran menulis di perguruan tinggi. Dengan memadukan teori pembelajaran bahasa yang kuat dan panduan praktis, buku ini diharapkan dapat membantu dosen dalam menciptakan lingkungan belajar yang lebih kolaboratif, interaktif, dan efektif bagi mahasiswa.