Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UNDIP Lakukan Sosialisasi Digital Marketing sebagai Sarana Pemasaran pada UMKM Jenang Kudus

23 Desember 2022   01:17 Diperbarui: 23 Desember 2022   01:16 327 0
Kudus – Jenang merupakan salah satu makanan khas daerah Kudus yang banyak digemari oleh seluruh kalangan usia. Rasanya yang manis, kenyal, dan banyak varian rasa merupakan ciri khas cita rasa jenang asli Kudus. Harga yang terjangkau juga merupakan nilai tambah bagi konsumen untuk menjadikan jenang sebagai oleh-oleh untuk dibawa ke kampung halamannya. Selain itu, banyak juga konsumen luar daerah Kudus yang ingin membeli jenang, tetapi terbatas pada jarak jangkauannya sehingga memperhambat pada proses jual-beli. Pemasaran yang kurang massif masih menjadi masalah bagi para pemilik UMKM untuk mempromosikan dan menawarkan produknya. Belum optimalnya pemasaran dengan memanfaatkan digital marketing menjadi kelemahan sehingga berdampak juga pada jumlah produksi jenang per harinya. Hal tersebut diakibatkan oleh anggapan bahwa hal-hal yang berkaitan digital merupakan sesuatu yang rumit dan sulit untuk diaplikasikan. Anggapan yang salah dapat melahirkan stigma negatif sehingga menutupi pandangan mengenai manfaat serta kemudahan yang akan didapatkan ketika pelaku UMKM telah mengadopsi digital marketing dalam proses promosinya.

Pemanfaatan digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran agar dapat mempromosikan dan menawarkan produk. Pemasaran yang luas akan memberikan keuntungan besar bagi pemilik UMKM yaitu meningkatkan jumlah produksi, penjualan produk serta branding merek usaha. Setelah melalui survei kepada tempat produksi dan toko jenang serta wawancara dengan Bu Ida selaku pemilik UMKM Oemah Djenang Koedoes Rizqina dan Pak Latief selaku pemilik UMKM Jenang Kudus Karomah, mengeluhkan hal yang sama yaitu belum maksimalnya dalam memanfaatkan media sosial dalam memasarkan produk. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut, mahasiswa Undip tim KKN Tematik Kudus 2022 memiliki solusi untuk melakukan sosialisasi serta pendampingan agar pelaku UMKM dapat mengenal digital marketing dan memanfaatkan media sosial sebaik mungkin untuk meningkatkan jumlah penjualan jenang.

Sesuai dengan tema KKN Tematik Kudus dengan judul “Pendampingan Usaha dan Pengolahan Produk Samping pada Pengrajin Jenang”, sebanyak 5 orang mahasiswa Undip Tim KKN Tematik Kudus tahun 2022 telah melakukan sosialisasi serta pendampingan mengenai digital marketing pada malam hari Jumat tanggal 18 November 2022 yang berlokasi di Desa Kaliputu, Kecamatan Kudus Kota, Kabupaten Kudus. Sasaran kegiatan ini yaitu pemilik UMKM Oemah Djenang Koedoes Rizqina, Pak Latief selaku pemilik UMKM Jenang Kudus Karomah, dan ibu-ibu KEP (Kelompok Ekonomi Perempuan) Desa kaliputu, Kecamatan Kudus Kota, Kabupaten Kudus. Rincian bahasan sosialisasi digital marketing yaitu mengenai pentingnya digital marketing, manfaat mengadopsi digital marketing, keadaan digital marketing di Indonesia, tata cara pendaftaran akun dan mengaplikasikan beberapa media sosial yaitu Facebook, Instagram, dan WhatsApp Business serta marketplace yaitu Shopee. Selain dilakukan sosialisasi, mahasiswa juga mendampingi dalam pembuatan logo, stiker, pendaftaran akun sosial media dan marketplace.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun