Pemanfaatan digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran agar dapat mempromosikan dan menawarkan produk. Pemasaran yang luas akan memberikan keuntungan besar bagi pemilik UMKM yaitu meningkatkan jumlah produksi, penjualan produk serta branding merek usaha. Setelah melalui survei kepada tempat produksi dan toko jenang serta wawancara dengan Bu Ida selaku pemilik UMKM Oemah Djenang Koedoes Rizqina dan Pak Latief selaku pemilik UMKM Jenang Kudus Karomah, mengeluhkan hal yang sama yaitu belum maksimalnya dalam memanfaatkan media sosial dalam memasarkan produk. Berdasarkan latar belakang permasalahan tersebut, mahasiswa Undip tim KKN Tematik Kudus 2022 memiliki solusi untuk melakukan sosialisasi serta pendampingan agar pelaku UMKM dapat mengenal digital marketing dan memanfaatkan media sosial sebaik mungkin untuk meningkatkan jumlah penjualan jenang.
Sesuai dengan tema KKN Tematik Kudus dengan judul “Pendampingan Usaha dan Pengolahan Produk Samping pada Pengrajin Jenang”, sebanyak 5 orang mahasiswa Undip Tim KKN Tematik Kudus tahun 2022 telah melakukan sosialisasi serta pendampingan mengenai digital marketing pada malam hari Jumat tanggal 18 November 2022 yang berlokasi di Desa Kaliputu, Kecamatan Kudus Kota, Kabupaten Kudus. Sasaran kegiatan ini yaitu pemilik UMKM Oemah Djenang Koedoes Rizqina, Pak Latief selaku pemilik UMKM Jenang Kudus Karomah, dan ibu-ibu KEP (Kelompok Ekonomi Perempuan) Desa kaliputu, Kecamatan Kudus Kota, Kabupaten Kudus. Rincian bahasan sosialisasi digital marketing yaitu mengenai pentingnya digital marketing, manfaat mengadopsi digital marketing, keadaan digital marketing di Indonesia, tata cara pendaftaran akun dan mengaplikasikan beberapa media sosial yaitu Facebook, Instagram, dan WhatsApp Business serta marketplace yaitu Shopee. Selain dilakukan sosialisasi, mahasiswa juga mendampingi dalam pembuatan logo, stiker, pendaftaran akun sosial media dan marketplace.