Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ilmu Sosbud

Pengaruh Teori Uses dan Gratification terhadap Kecanduan Sosial Media TikTok pada Generasi Z

4 Desember 2023   09:51 Diperbarui: 4 Desember 2023   10:16 183 0
PENGARUH TEORI USES & GRATIFICATION TERHADAP KECANDUAN SOSIAL MEDIA TIKTOK PADA GENERASI Z

Media sosial khususnya pada platform TikTok merupakan sarana yang penting khususnya dalam kehidupan sehari-hari Generasi Z. Untuk memahami teori kegunaan dan kepuasan penggunaan media sosial TikTok kepada Generasi Z, artikel ini membahas aspek penting dari dinamika kehidupan. penggunaan media sosial. Teori kegunaan dan gratifikasi melihat khalayak  sebagai individu yang aktif dan memiliki tujuan yang bertanggung jawab terhadap media yang  mereka gunakan untuk memuaskan kebutuhan mereka. Menurut teori ini, manusia sadar akan kebutuhannya dan bagaimana cara memenuhi kebutuhan tersebut. Media hanyalah salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan dan individu dapat menggunakan media untuk memenuhi kebutuhannya atau tidak menggunakan media dan memilih cara lain. Para peneliti yang menggunakan teori ini fokus pada bagaimana khalayak menggunakan media dibandingkan bagaimana media mempengaruhi khalayak. Dalam perkembangan media yang fenomenal, tidak lagi hanya sekedar media konvensional (media cetak dan elektronik), namun media lebih didominasi oleh media digital yang dimiliki dan digunakan oleh jutaan orang secara individu, yaitu media sosial.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun