Sebagai Mahasiswa Ilmu Komunikasi terkhususnya Public Relations, Universitas Ahmad Dahlan tentu tidak asing lagi dengan media konvergensi.  Di zaman konvergensi media saat ini sebagian besar media massa sudah bertransformasi menjadi sebuah aplikasi maupun website. Sebelum membahas mengenai konvergensi lebih lanjut, kira-kira apakah media konvergensi itu?  Konvergensi media adalah penyatuan atau penggabungan  berbagai media dan teknologi komunikasi yang diartikan sebagai integrasi dari fungsi-fungsi beberapa media ke dalam satu media. Menurut Preston (2001:2) fenomena konvergensi merupakan hadirnya berbagai media yang menggabungkan teknologi komunikasi baru dengan teknologi komunikasi tradisional. Hal tersebut membuat kita menjadi sulit membedakan sebuah aplikasi dan komunikasi sehingga antar teknologi satu dan yang lainnya tidak bisa dibedakan lagi. Hadirnya konvergensi media didorong oleh kebutuhan pengguna akan beberapa fungsi teknologi. Fungsi-fungsi tersebut awalnya berada pada media yang berbeda-beda. Karena dorongan zaman maka dihasilkan perpadhan dari berbagai fungsi ke dalam satu media saja.  Disinilah konvergensi media terjadi. Korvergensi media tentunya berkaitan dengan era digitalisasi. Setiap informasi berkembang dari analog hingga digital.Â
KEMBALI KE ARTIKEL