Media massa memiliki peran yang sangat penting untuk membentuk, mempengaruhi dan mengarahkan opini publik. Melewati berbagai platform seperti televisi, radio, surat kabar, bahkan media digital, tidak hanya menyampaikan informasi, media massa juga menjadi tempat untuk merancang  narasi yang dapat mempengaruhi pemahaman serta interpretasi masyarakat tentang apapun isu yang terjadi.  Dengan menentukan agenda publik, media massa memiliki kemampuan untuk memperlihatkan atau mengurangi urgensi suatu berita, yang kemudian membentuk titik fokus masyarakat (McQuail, 2010).  Tidak hanya itu, media massa memiliki cara untuk menginterpretasikan berita melalui proses framing  yang memainkan peran penting untuk membentuk persepsi, sikap, dan emosi publik terhadap suatu topik.  Di era yang serba digital seperti saat sekarang ini,  dengan maraknya  media  sosial, maka peran media massa semakin kuat. Kini masyarakat tidak hanya menjadi konsumen informasi, tetapi juga produsen yang bisa berpartisipasi aktif dalam memodifikasi, menyebarkan  informasi yang disajikan, memberikan dimensi baru dalam dinamika pembentukan opini masyarakat.  Hasilnya, media massa dapat mempengaruhi  opini publik tentang tindakan,kebijakan, dan respon sosial-politik di berbagai masyarakat. Media massa adalah wadah komunikasi yang difungsikan untuk menyampaikan informasi, hiburan, dan pesan kepada publik yang luas melalui berbagai media seperti, surat kabar, televis, radio serta media digital seperti situs web berita dan media sosial.  Dalam era digital saat ini media massa digital telah menjadi kekuatan politik dan sosial yang kuat. Media massa dapat mobilisasi massa, dan mempengaruhi pemilihan  dan mempercepat penyebaran ideologi (McQuail, 2010).Â
KEMBALI KE ARTIKEL