- Fact (Peristiwa)
Setelah mempelajari seluruh pakel modul dalam program Pendidikan Guru Penggerak (PGP), selanjutnya saya melakukan persiapan jelang lokakarya 7 dan panen karya. Agenda pada kegiatan ini adalah mengumpulkan semua portofolio aksi nyata modul 1 tentang paradigma dan visi guru penggerak, modul 2 tentang praktik pembelajaran yang berpihak pada murid, dan modul 3 tentang pemimpin pembelajaran dalam pengembangan sekolah. Dari seluruh rangkaian kegiatan selama 2 minggu ini, momen yang paling penting adalah saya dapat mengadministrasikan portofolio aksi nyata dengan menggunakan bahan bekas yang tersedia sebagai bahan panen karya.
Setelah mempelajari seluruh modul dalam program PGP ini, pemahaman saya semakin mendalam baik tentang paradigma dan visi guru penggerak, praktik pembelajaran yang berpihak pada murid, dan pemimpin pembelajaran dalam pengembangan sekolah. Harapannya serangkaian kegiatan selama 2 minggu ini dapat menyelesaikan dengan baik bahan persiapan panen karya yang akan dilaksanakan tanggal 8 Juli 2023 di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu.
Gambar 1 Portofolio Aksi Nyata
(Sumber: Dokumentasi Pribadi)
- Feeling (Perasaan)
Selama aktivitas dalam 2 minggu ini, saya merasa khawatir tidak dapat mengadministrasikan bahan portofolio aksi nyata sesuai alokasi waktu yang sudah dirancang, sebab di saat bersamaan saya bertugas sebagai Admin Kabupaten Kapuas Hulu dalam agenda PPDB SMA/SMK Se-Kalimantan Barat yang dinaungi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat, sekaligus sebagai proktor PPDB SMA Negeri 2 Putussibau. Tentu semua terasa bercampur aduk, serta tetap berusaha memanajemen waktu dengan baik dan tekad yang kuat untuk dapat mengadministrasikan bahan portofolio aksi nyata dengan baik.
Dari pembelajaran dalam program PGP ini, saya merasa semakin terkuatkan dan terlatih terutama dalam memanajemen waktu dengan membuat catatan pribadi sebagai alarm agenda harian. Dari momen tersebut, saya merasa tergerak untuk memperbaiki diri agar dapat memanajemen waktu dengan baik. Di sisi lain, saya juga merasa tercerahkan dan termotivasi untuk terus menjadi bagian dari transformasi pendidikan, mulai tergerak, bergerak, dan menggerakkan komunitas praktisi khususnya di SMA Negeri 2 Putussibau.
- Findings (Pembelajaran)
Dari pembelajaran selama 2 minggu ini, saya mendapat ilmu untuk terus meningkatkan kompetensi dan melatih disiplin waktu. Sebelum mengikuti program PGP ini, saya berpikir bahwa disiplin terhadap waktu berkaitan dengan kepribadian diri. Dari pembelajaran program PGP ini, saya merefleksi diri dan terus melatih keterampilan baik sebagai pemimpin dalam pengelolaan program yang berdampak positif pada murid, maupun sebagai pribadi yang menghargai waktu dengan baik. Selain itu, pada aktivitas program PGP ini, saya tersadarkan, terkuatkan, dan optimis untuk menjalankan visi guru penggerak dengan motto “Tergerak, Bergerak, Menggerakkan”.
- Future (Penerapan)
Dari seluruh pembelajaran program PGP ini, saya termotivasi untuk menjadi bagian dari perubahan dan mencoba mulai dari diri sendiri untuk melakukan hal terbaik dalam mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid dan kepemimpinan murid. Pada aktivitas pembelajaran seluruh modul PGP ini, saya termotivasi dan berkomitmen untuk menggerakkan komunitas praktisi di SMA Negeri 2 Putussibau.