Pelaksanaan ICC dan ICS mempunyai tujuan antara lain membuka peluang bisnis dan kerjasama di sektor ICT dengan mengumpulkan stakeholder potensial, misal buyers dan pihak pemerintah.
Integrasi penyelenggaraan ICS dan ICC ini diharapkan bisa mendukung salah satu kegiatan Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui program ‘Indonesia Connected‘, agar seluruh lapisan masyarakat akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses informasi.
ICS dikenal sebagai benchmark dari pameran retail telekomunikasi di Indonesia dan yang bergerak di industri telekomunikasi misalnya operator, handset vendor, content provider serta mobile accesories.
ICS merupakan bentuk dukungan perusahaan penyelenggara telekomunikasi pada pemerintah dalam mengoptimalkan jaringan broadband.
Hal itu searah dengan target program Indonesia Connected di 2012. Program ini bertujuan menciptakan pemerataan kemudahan dalam mendapat informasi hingga ke pelosok negeri.
Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, jaringan broadband Indonesia saat ini sudah mencapai angka 82 % yang sudah menyambungkan koneksi di 27 provinsi. Di akhir 2012 diharapkan koneksi sudah sampai ke Manukwari-Papua.
Untuk mendukung strategi bisnis, memperluas networking, mendorong penjualan, brand awareness serta meningkatkan market share, khususnya perusahaan ICT di Indonesia.
ICC 2012 menitikberatkan pada konferensi dengan tema utama The Application of National Broadband Network in Corporation to Develop Indonesia's Economic Growth.
Disini dibahas secara mendalam manfaat jaringan broadband nasional dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia, serta persiapan Indonesia menjadi negara digital.
Melalui jaringan broadband nasional ini, diharapkan Indonesia memiliki konektivitas yang memadai bagi dunia maya di seluruh wilayah Indonesia.
National Broadband Plan merupakan salah satu agenda penting bagi kalangan pelaku industri teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia.
Diharapkan pula bisa mempercepat terciptanya ekonomi berbasis pengetahuan, meningkatkan produktivitas serta daya saing nasional dalam ekonomi global.