Mohon tunggu...
KOMENTAR
Ruang Kelas

Civitas INSTIKI Terapkan Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Digital pada Bidang Hospitality

2 November 2024   07:15 Diperbarui: 2 November 2024   08:47 13 0

Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak besar pada sektor pariwisata, terutama industri perhotelan di Bali yang sangat bergantung pada kunjungan wisatawan. Salah satu hotel yang terdampak adalah Hotel Bakung Sari Kuta, yang selama pandemi harus merumahkan sebagian besar karyawannya akibat pembatasan perjalanan. Kini, di tengah pemulihan, hotel ini berfokus untuk bangkit kembali melalui pengelolaan sumber daya manusia yang lebih optimal. Salah satu langkah yang diambil adalah perbaikan sistem penilaian kinerja karyawan agar lebih transparan dan objektif.

Dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) skema Instiki Community Service (ICS), tim pelaksana PKM dari Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yaitu Bagus Kusuma Wijaya, S.E., M.A.B, Made Leo Radhitya, S.Kom., M.Cs serta I Made Yoga Aprilia berkolaborasi dengan Hotel Bakung Sari, dalam mengimplementasikan sistem informasi manajemen penilaian karyawan. Sistem ini dirancang untuk mengatasi permasalahan yang sebelumnya muncul dari penilaian yang bersifat subjektif dan ad hoc. Dengan menggunakan perangkat lunak manajemen SDM, sistem baru ini memungkinkan proses penilaian yang lebih transparan dan konsisten. Sistem penilaian ini juga dilengkapi dengan dashboard interaktif yang memungkinkan manajemen memantau kinerja karyawan secara real-time dan membuat keputusan terkait promosi, pelatihan, dan bonus berdasarkan data yang akurat.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun