Pendidikan bukanlah hanya penerapan belajar dan pembelajaran di ruang kelas. Namun, pendidikan merupakan suatu usaha untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dari sebuah bangsa. Dengan begitu metode dan pendekatan pebelajaran merupakan suatu keniscayaan seorang pendidik dalam usahanya menjadikan seorang murid menjadi generasi yang bisa diandalkan dan membanggakan.
Pengarahan arah pendidikan perlu dibentuk, sehingga mau dibawah kemana arah pembelajaran kita bisa terarah dengan baik dan efesien. Untuk itulah pendekatan dan metode pembelajaran dibutuhkan sehingga dalam proses pembelajaran tidak hanya menarik namun juga menyenangkan. dan anak didik diberikan ruang yang cukup untuk mengeksploitasi kreativitasnya dan mampu terlibat dalam semua proses pembelajaran, yang pada akhirnya semua aspek akan terpenuhi, baik aspek kognitif, afektif dan psikomotorik tanpa ada pendistorsian salah satunya.
“PENDIDIKAN BUKAN SEKEDAR TEKNIK DAN PENGOLAHAN INFORMASI, BAHKAN BUKAN PENERAPAN “TEORI BELAJAR” DI KELAS ATAU MENGGUNAKAN HASIL “UJIAN PRESTASI” YANG BERPUSAT PADA MATA PELAJARAN. PENDIDIKAN MERUPAKAN USAHA YANG KOMPLEKS UNTUK MENYESUAIKAN KEBUDAYAAN DENGAN KEBUTUHAN ANGGOTANYA, DAN MENYESUAIKAN ANGGOTANYA DENGAN CARA MEREKA MENGETAHUI KEBUTUHAN KEBUDAYAAN.”
(Jerome S Bruner)