Mohon tunggu...
KOMENTAR
Money

Web Design yang Baik Dapat Membantu Bisnis Anda

20 Maret 2013   20:50 Diperbarui: 24 Juni 2015   16:28 207 1
Dear Para Sahabat yang saya Cintai,

Tanpa kita sadari kita telah masuk era digital, kini hampir semua perusahaan maupun pebisnis memiliki website sebagai sarana untuk mempromosikan produk maupun bisnis mereka. Tapi apakah kita sadar bahwa kita telah memiliki design yang baik yang dapat membantu penjualan bagi bisnis kita.

Pertanyaannya Bagaimana membuat Design tersebut ? Dalam membuat sebuah web Design yang baik kita memiliki 7 syarat:

  1. “Tepat Guna” Anda pasti bertanya apa yang dimaksud design yang tepat guna ? Design yang tepat guna adalah design yang menfokuskan user terhadap kebutuhan utama dari user tersebut. Anda tentu akan bertanya seperti apakah design yang tepat guna ? Kita tentu tahu bahwa Google bukanlah search engine yang pertama didunia masih banyak search engine lain pendahulu Google, tetapi pertanyaannya kenapakah Google menjadi Search Engine pertama didunia ? Karena Google adalah website yang tepat guna. Pertanyaannya bagaimanakah kita tahu design web kita sudah tepat guna atau belum? Saya akan bagikan tips sederhana caranya dengan melakukan questioner. Pertama Anda harus tahu apakah kebutuhan utama yang Anda ingin jawab dengan web atau applikasi Anda kemudaian tanyalah kepada para pengguna web atau applikasi kita apakah mereka mendapatkan kebutuhannya dalam waktu kurang dari 3 detik. Berikan pertanyaan kepada beberapa kategori  pengguna Anda misalnya: IT User, Sales People, Student, etc.  Jika Anda bisa mendapatkan lebih dari 80% menjawab mereka menemukan jawaban dari permasalahan mereka kurang dalam 3 detik maka design web atau applikasi Anda bisa dikatakan “Tepat Guna”.
  2. “Engage” Bagaimana bisa design web dapat memberikan engagement kepada para pengguna kita ? Jawabannya adalah kita harus dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dari design yang kita buat, misalnya: dengan menambahkan fitur yang dapat memutar gambar produk 360 derajat, zoom atau minimize atau mengganti warna produk kita.  Contoh lain kita dapat memberikan kebebasan atau pilihan untuk mengganti tema pada halaman profile login mereka. Dengan kebebasan dan pengalaman menyenangkan yang kita berikan maka mereka akan engage (terikat) terhadap website atau applikasi kita. Pertanyaannya bagaimanakah kita tahu design web kita sudah Engage atau belum ? Saya akan bagikan tips sederhana caranya dengan melakukan questioner. Pertama Anda tanyakan kepada para pengguna kita, atau kita dapat menggunakan fitur Analytic, dengan melihat berapa lama mereka berada di website atau applikasi kita. Bila rata-rata pengunjung website Anda berada diwebsite Anda diatas 30 menitmaka bisa dikatakan website atau applikasi Anda “Engage”.
  3. “User Friendly” User friendly pengertiannya sama dengan tepat guna, tetapi jika tepat guna berfokus hanya pada satu kebutuhan utama, maka jika kita mendesign dengan user friendly berarti kita berpikir seluruh fungsi yang ada didalam web atau applikasi Anda. Untuk mendesign user friendly Anda harus melakukan sebuah riset yaitu Anda mempelajari dari web atau applikasi yang sering digunakan oleh pengguna Anda. Karena pada dasarnya otak manusia bekerja seperti program, jika dia sudah terbiasa terhadap sebuah penggunaan produk maka otomatis maka dia akan lebih mudah menggunakan website yang cara penggunaannya mirip.  Tetapi dalam hal ini ada hal yang bisa kita lakukan pertama jika Anda dituntut mendevelop web dengan waktu dan budget terbatas maka Anda dapat mendesign dengan design yang memiliki cara kerja yang mirip dengan yang pengguna Anda biasa gunakan, tetapi jika Anda memiliki cukup waktu malahan Anda dapat meriset untuk mencari tahu kelemahan dan ketidak praktisan dari pola kerja website ataup applikasi yang sering digunakan kemudian ciptakan Web atau Applikasi dengan design yang lebih mudah digunakan dari design sebelumnya. Cara yang mudah untuk mengetahui website Anda sudah user friendly atau belum tanyakan apakah para pengguna Anda apakah website Anda lebih mudah digunakan dari web yang biasa mereka pakai atau tidak, Jika banyak pengguna yang mengatakan web atau appliasi Anda jauh lebih mudah digunakan maka
  4. “Easy to Learn” Easy to Learn berarti web atau applikasi yang Anda buat mudah untuk dipelajari. Bila Anda memiliki sebuah applikasi yang baru maka proses belajar para pengguna applikasi Anda tidak boleh menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari applikasi Anda. Jika Anda dapat menciptakan sebuah applikasi yang rata-rata dapat membuat penggunanya menguasainya kurang dari 3 hari maka applikasi Anda bisa dibilang Easy to Learn.
  5. “Simple” Simple berarti web atau applikasi Anda memiliki penampilan yang tidak ruwet seperti benang kusut, simple pada web berita bisa mengandung arti informatif jadi  informasinya mudah untuk dibaca atau mudah untuk mencari informasi yang pengguna web Anda cari.
  6. “Contextual” Contextual artinya web Anda harus memiliki design yang sesuai dengan tema dari isi web tersebut misalnya web tersebut tentang sebuah Game Petualangan maka ambient yang harus ada dalam design web tersebut menggambarkan dari suasana petualangan. Atau bila web Anda tentang bisnis corporate maka ambientnya harus terkesan formal dan corporate.
  7. “Optimize” Anda tentu tidak menyukai bila mengunjungi sebuah web yang ketika dibuka lama. Optimize berarti design web Anda ringan dan tentunya banyak images yang diganti dengan coding sehingga file dari halaman web Anda menjadi ringan.
KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun