Mohon tunggu...
KOMENTAR
Money

Digitalpreneur Please Jangan Hancurkan Industrimu

31 Juli 2012   06:28 Diperbarui: 25 Juni 2015   02:25 231 0
Akhir-akhir ini kita seringkali menemukan sangat banyak sekali pemain digital menjual jasanya dengan harga yang sangat murah sekali, seringkali mereka menjual setengah, sepertiga, seperlima bahkan tidak sedikit yang menjual jasanya cuma senilai 10% sampai 5% dari harga yang wajar. Banyak mereka yang setelah kepergok mengaku mereka menjual murah karena memakai template padahal kita tahu bahwa tidak mungkin jasa yang mereka jual memakai template karena permintaan klien mereka sangatlah custom.

Sebagai pemain di dunia digital kita sama-sama tahu bahwa mereka pastinya rugi dan memang benar kita melihat mereka yang menjual harga sangat murah itu tidak ada yang bertahan lama. Banyak kali kita menemukan perusahaan yang mengeluhkan hasil kerja mereka, dan hampir semuanya mengatakan bahwa perusahaan yang dulu mereka pakai sudah bangkrut atau tutup. Nah Fenomena merusak harga ini sebenarnya tidaklah baik, karena tidak hanya membunuh perusahaan mereka sendiri tetapi dapat mengakibatkan rusaknya image industri tersebut, bahwa jasa industri kita itu sangatlah murah.

Tetapi anehnya perusahaan yang merusak harga ini kian kali terus bertumbuh dan semakin lama semakin banyak, Siapa yang harus disalahkan ? Bisnis memanglah harus ada persaingan jualah sedikit lebih murah dari harga yang normal tetapi jika Anda menjual dengan harga yang cuma 10% dari harga yang wajar ini bukan saja merusak image bahwa jasa digital itu sangat murah melainkan lambat laun ini akan membunuh industri yang Anda masuki. Lebih baik Anda menjual dengah harga yang tinggi tetapi memberikan pelayanan yang baik dibandingkan Anda harus jual rugi dan akhirnya harus mengorbankan kualitas Anda atau bahkan kelangsungan perusahaan Anda sendiri.

Agar Anda dapat bisa bertahan sebaiknya Anda mengambil keuntungan setidaknya 20% dari cost (biaya) dari yang Anda keluarkan.

Saya akan share sedikit rumus untuk menentukan harga Anda sebelum menjual jasa Anda ke klien Anda.

Pertama tentukan KPI anda per hari
Overhead = gaji personil + biaya operasional kantor + penyusutan alat
KPI = Jumlah biaya yang Anda keluarkan dalam 1 hari
WDM= Hari kerja dalam sebulan umumnya 20

KPI = Overhead/WDM = Overhead/20

Cara menentukan harga jasa kalian adalah
WDP = Hari yang dibutuhkan untuk menyelesaikan project Anda

Contoh dalam menyelesaikan suatu project dibutuhkan waktu 3 bulan = 60 hari

Price = KPI x 60 x 1,2
atau jika ada marketing fee
Price = KPI x 60 x 1,2 + Marketing Fee

Tahukah Anda bahwa diluar sana banyak bisnis yang keuntungan jauh melebih 20%. Seperti sebagai contoh saya pernah melakukan tanya jawab teman saya yang memiliki bisnis makanan, mereka bisa mengambil keuntungan 30-40% dari total cost yang mereka keluarkan, teman saya yang memiliki bisnis fashion mereka bisa menjual produk mereka 40-50% dari biaya yang mereka keluarkan bahkan dari biaya tersebut mereka sudah memperhitungkan dari biaya sewa tempat mereka.

Semoga sharing ini dapat bermanfaat buat teman-teman sekalian. Jangan hancurkan dirimu sendiri terlebih jangan hancurkan industrimu. Jikalah Anda ingin mencari rugi lebih baik dengan cara yang lebih smart yaitu gunakan keuntungan Anda untuk investasi membuat produk sendiri. Atau jika Anda ingin benar-benar mencari rugi lebih baik digunakan untuk terjun ke dunia social, disana banyak orang yang membutuhkan bantuan Anda. Banyak orang kekurangan didunia yang lebih layak Anda bantu diluar sana.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun