Dengan segala kemajuan dan manfaat teknologi, kita mungkin sering lupa bahwa manusia masih menjadi inti dari segala hal yang kita lakukan.
Pesatnya perkembangan teknologi dan aplikasi pintar menawarkan potensi manfaat yang sangat besar bagi produsen yang berupaya memenuhi permintaan yang terus berubah dan terus meningkat. Namun tanpa sentuhan manusia -- untuk merancang, mengimplementasikan, mengoptimalkannya -- teknologi tidak akan membawa kita sejauh ini.
Keberlanjutan proyek apa pun tidak akan berhasil dalam jangka panjang kecuali aspek manusianya juga dipertimbangkan. Itu sebabnya organisasi perlu untuk mengeksplorasi dan memahami pengalaman pelanggan dan karyawan sehubungan dengan tantangan dan tujuan organisasi mereka. Hanya dengan cara itulah solusi yang paling tepat dapat ditentukan dan dilaksanakan.
Eksplorasi titik kontak manusia dalam rantai pasokan manufaktur dan bagaimana perangkat lunak dan teknologi saling terkait dan memengaruhi cara organisasi bekerja serta keberlanjutan proses dimasa mendatang.Â
Dalam menghadapi gangguan yang terus berlanjut dan kerapuhan rantai pasokan, produsen mencari cara untuk mendorong pertumbuhan, loyalitas, dan konsistensi. Dan salah satu cara untuk melakukannya, kata Victoria Thibeau, Head of Management Consulting & Solutions di Fujitsu Americas, adalah dengan meningkatkan pengalaman kemanusiaan setiap orang yang terlibat dalam proses tersebut.
Dengan meningkatkan pengalaman manusia -- di dalam produsen, karyawan, dan pelanggannya -- bisnis dapat memenuhi permintaan pelanggan, operasional, dan ekonomi yang terus berubah.Â
Gangguan yang sedang berlangsung dan kerapuhan rantai pasokan berdampak negatif terhadap produsen
Dampak COVID dan peristiwa global, seperti perang di Ukraina atau masalah gangguan pasokan yang sedang berlangsung, berdampak signifikan terhadap produsen. Harga bahan bakar telah meningkat, dan pengiriman serta logistik telah terpengaruh oleh aktivitas yang terjadi secara lokal dan global.
Hal ini berarti bahwa produsen tidak dapat lagi menjamin konsistensi dalam hal tidak hanya dapat memperoleh barang yang mereka perlukan untuk mendukung upaya produksi mereka, namun juga dapat mengirimkan barang tersebut ke klien mereka secepat mungkin.
Hasil? Pelanggan pergi. Hal ini terjadi ketika salah satu klien yang pernah bekerja sama dengan organisasi belum dapat mengirimkan barangnya ke pelanggan tepat waktu, sehingga menimbulkan beberapa tantangan dalam mempertahankan dan meningkatkan loyalitas. Baik pelanggan lama maupun calon pelanggan melihat gangguan layanan ini dan mencari alternatif lain.
Mendorong pertumbuhan dan loyalitas di bagian bisnis yang terkena dampak lebih kecil
Menemukan pemasok baru dan melakukan produksi di darat untuk mengatasi gangguan dan kerapuhan rantai pasokan membutuhkan waktu. Dan meskipun tugas-tugas ini penting, ada bagian bisnis lain yang tidak terlalu terkena dampak yang perlu diperhatikan dalam mengurangi kerentanan.
Metode ini melibatkan kembali ke inti manufaktur dan melakukan pendekatan bisnis dengan cara yang lebih manusiawi. Ketika kita berpikir tentang pengalaman manusia, yang dimaksud bukan hanya tentang konsumen akhir, namun juga tentang karyawan di dalam pabrik itu sendiri.
Pada intinya, manufaktur sangat manusiawi. Setiap bagian dari model bisnis melibatkan manusia yang membeli dari manusia. Dan mereka ingin mendapatkan pengalaman yang baik dan akan terus datang kembali untuk mendapatkannya.
Selain itu, metode untuk meningkatkan pengalaman manusia tidak harus berupa pengadaan dan penjualan produk, sehingga lebih mudah untuk diterapkan.
Apa pengalaman manusia di bidang manufaktur?
Pengalaman manusia melibatkan setiap titik kontak yang dibuat oleh manusia dalam proses produksi -- termasuk karyawan Anda.
Saat memikirkan manufaktur, kebanyakan orang tidak selalu memikirkan pengalaman pelanggan, penggunaan alat seperti media sosial atau situs web, atau pendekatan omnichannel untuk dapat memberikan dukungan pelanggan.
Namun semua titik kontak ini menciptakan pengalaman yang lebih baik. Mengurangi tekanan pada tenaga kerja Anda, menyediakan saluran bagi pelanggan untuk melacak produk mereka, dan menghasilkan umpan balik untuk umpan balik dan saran pelanggan hanyalah beberapa cara ampuh untuk memungkinkan orang yang berinteraksi dengan Anda merasa seperti seseorang mendengarkan mereka.
Bagaimana Anda bisa mulai meningkatkan pengalaman manusia di bidang manufaktur?
Kuncinya adalah menemukan peluang untuk terhubung dengan pelanggan dan karyawan Anda - tanpa menggunakan pendekatan yang mengutamakan teknologi.
Di Fujitsu, mereka membantu pelanggan menemukan area fokus dengan mengidentifikasi titik kesulitan, sasaran bisnis, dan sasaran di masa depan. Untuk mengetahui apa yang membuat Anda terjaga di malam hari sebagai produsen, bidang-bidang yang membuat Anda frustrasi, dan di mana Anda ingin bisnis Anda berada dalam waktu lima tahun.
Pertanyaan-pertanyaan ini membantu untuk mengembangkan peta jalan yang benar-benar menyentuh semua permasalahan dan membantu pelanggan mencapai hasil bisnis mereka. Daripada sekadar menjual produk yang hanya mampu mengatasi separuh masalahnya, pendekatan konsultatif membantu produsen mengaitkan solusi dengan tantangan dan tujuan unik yang mereka hadapi.
Misalnya, salah satu tren baru yang dilihat Fujitsu adalah meningkatnya tuntutan untuk memahami asal-usul produk yang disediakan oleh produsen. Hal ini terkait dengan kewajiban LST dan kebutuhan manusia untuk berbuat baik. Pelanggan tidak lagi senang hanya menerima suatu produk - mereka ingin mengetahui asal-usul, kualitas, dan keberlanjutannya.
Menempatkan sudut pandang yang berpusat pada pelanggan dalam mengatasi tantangan ini berarti menemukan cara untuk memenuhi kebutuhan ini. Solusi Fujitsu adalah dengan teknologi yang disebut Fujitsu Track and Trust, yang memanfaatkan teknologi blockchain untuk melacak dan memberikan transparansi atas penyempurnaan, penjualan, pembelian, pengiriman, dan penggunaan produk.
Penting untuk memastikan bahwa pendekatan yang berpusat pada manusia ini diterapkan secara internal di seluruh bisnis Anda. Dengan memastikan bahwa Anda membuat model yang tidak hanya berfokus pada pelanggan akhir namun juga berfokus pada pengalaman karyawan dalam bisnis Anda, Anda memiliki peluang untuk menciptakan koneksi dan loyalitas dengan karyawan Anda. Kami percaya produktivitas, loyalitas, dan motivasi karyawan memiliki korelasi langsung antara cara karyawan terhubung dengan pelanggan akhir.
Bagaimana pengalaman manusia menciptakan keberlanjutan jangka panjang
Mempermudah manusia berinteraksi dengan bisnis Anda berarti pelanggan dan karyawan Anda cenderung akan bertahan. Loyalitas ini menciptakan model bisnis yang lebih berkelanjutan yang dapat membantu Anda bertahan terhadap perubahan perekonomian dan lanskap bisnis.
Di sisi pelanggan, produsen yang melakukan diferensiasi melalui layanan dan perjalanan unik meningkatkan keterlibatan mereka dengan konsumen. Hal ini terjadi pada AG InBev yang mencetak kode QR pada 1 juta bungkus bir sehingga pelanggan dapat melacak jelai dalam bir yang mereka minum.
Dan di sisi karyawan, model yang berpusat pada manusia yang mencakup seluruh organisasi (di semua tingkatan, mulai dari pengiriman hingga lantai produksi dan hingga kantor pusat) menciptakan hubungan yang mendalam dan perasaan sukses bersama. Kebutuhan manusia untuk menjadi bagian dari sesuatu yang bermakna memiliki peluang lebih besar untuk terpenuhi dan berdampak positif pada kemampuan perusahaan Anda dalam melakukan branding dan menarik bakat.
Manfaat lain dari mengatasi tantangan manusia dan kebutuhan bisnis adalah pengurangan utang teknis dan pengeluaran secara keseluruhan. Dengan mengaitkan solusi pada tantangan dan tujuan tertentu, produsen dapat menyingkirkan teknologi dan solusi yang mereka miliki yang tidak memenuhi kebutuhan mereka.
Menjadi lebih manusiawi dengan Fujitsu
Pendekatan Fujitsu terhadap manufaktur berkelanjutan dan berpusat pada manusia dimulai dengan bekerja sama dengan Anda untuk memahami apa yang ingin Anda capai untuk bisnis Anda dan bagaimana kami dapat membantu Anda mencapainya.
Dengan mengambil langkah mundur dari penjualan solusi, Fujitsu membantu Anda menemukan apa yang benar-benar memungkinkan untuk mencapai tujuan inti dan memperdalam hubungan Anda dengan pelanggan dan karyawan.