Mohon tunggu...
KOMENTAR
Healthy

Petunjuk Teknis Pelayanan Kesehatan Dasar Jamkesmas Peserta Program Jamkesmas

17 Juli 2012   02:34 Diperbarui: 25 Juni 2015   02:53 6150 0
PETUNJUK TEKNIS PELAYANAN KESEHATAN DASAR JAMKESMAS
PESERTA PROGRAM JAMKESMAS

1.  Kepesertaan     Program    Jamkesmas      2012    secara   nasional   tetap
berjumlah 76.400.000 jiwa. Dalam kurun waktu tahun 2012 akan
dilakukan  proses  perubahan  database  kepesertaan,  dimana  akan
digunakan     data  yang   bersumber     dari  Tim  Nasional    Percepatan
Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Data sebagaimana dimaksud
telah memuat nama dan alamat lengkap, yang akan ditetapkan oleh
Menteri    Kesehatan     sehingga    penetapan     sasaran     kepesertaan
Jamkesmas      tidak  lagi  melalui   SK   Bupati/Walikota.     Disamping
kepesertaan     yang   bersumber      dari   TNP2K    tersebut,    terdapat
kepesertaan    lainnya   yang   akan   ditetapkan    secara  khusus    oleh
Kementerian Kesehatan.

2.  Untuk  kepesertaan  yang  bersumber  dari  TNP2K  akan  diterbitkan
kartu  baru.  Namun  selama  kartu baru  tersebut  belum  diterbitkan
dan/atau  belum  diterima  oleh  peserta,  maka  masih  berlaku  kartu
yang    lama.    Pemberlakuan      kepesertaan      menggunakan       kartu
Jamkesmas baru akan ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

3.  Peserta Jamkesmas ada yang diberi kartu sebagai identitas peserta
dan ada yang tidak diberi kartu.
a.  Peserta    yang   diberi  kartu   adalah   peserta   sesuai    dengan
database    yang    bersumber     dari  Tim   Nasional    Percepatan
Penanggulangan       Kemiskinan      (TNP2K),   Sekretariat    Kantor
Wakil Presiden Republik Indonesia.
b.  Peserta yang tidak diberi kartu adalah:
1) Gelandangan,     pengemis,    anak   dan   orang  terlantar  serta
masyarakat miskin penghuni panti sosial.
2)  Masyarakat miskin penghuni Lapas dan Rutan.
3)  Peserta Program Keluarga Harapan (PKH).
4)  Bayi dan anak yang lahir dari kedua orang tua atau salah
satu   orang   tuanya   peserta   Jamkesmas,      maka   otomatis
menjadi peserta Jamkesmas dan berhak mendapatkan hak
kepesertaan.
5)  Korban bencana paska tanggap darurat.
6)  Sasaran  yang  dijamin  oleh  Jaminan  Persalinan,  yaitu  ibu
hamil, ibu bersalin/ibu nifas dan bayi baru lahir
7)  Penderita KIPI (Kejadian Ikutan Paska Imunisasi)

Apabila masih terdapat masyarakat miskin dan tidak mampu diluar
data  yang   bersumber     dari  TNP2K    maka    jaminan    kesehatannya
menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah (Pemda) setempat.

Untuk    kepesertaan    yang  bersumber    dari  TNP2K    akan   diterbitkan
kartu   baru.   Selama    kartu   tersebut  belum    diterbitkan   dan/atau
diterima   oleh   peserta,   maka    masih   berlaku    kartu   yang   lama.
Pemberlakuan      kepesertaan    menggunakan      kartu  Jamkesmas      baru
akan ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.

FASILITAS KESEHATAN

Ruang lingkup      Program    Jamkesmas      di  puskesmas     dan   jaringannya
meliputi:

A.  PELAYANAN KESEHATAN DASAR

1. Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Tingkat Pertama

Pelayanan    rawat   jalan  tingkat pertama    yang   dimaksud    adalah
pelayanan     kesehatan    yang    diberikan    oleh   puskesmas      dan
jaringannya yang meliputi:

a.  Konsultasi medis, pemeriksaan fisik dan penyuluhan kesehatan

b.  Laboratorium sederhana (darah, urin, dan feses rutin)

c.  Tindakan medis kecil

d.  Pemeriksaan dan pengobatan gigi, termasuk cabut atau tambal

e.  Pemeriksaan ibu hamil/nifas/menyusui, bayi dan balita

f.  Pelayanan    Keluarga   Berencana    (alat  kontrasepsi   disediakan
BKKBN), termasuk penanganan efek samping dan komplikasi

g.  Pemberian obat

Tempat pelayanan kesehatan rawat jalan tingkat pertama adalah di
puskesmas dan jaringannya        baik   berupa     kegiatan    pelayanan
kesehatan di dalam gedung maupun kegiatan pelayanan kesehatan
di luar gedung.

Dalam upaya meningkatkan akses          dan   pemerataan    pelayanan
bagi peserta Jamkesmas diharapkan Puskesmas dan jaringannya
melakukan     kegiatan   proaktif   mendekatkan      kepada    sasaran
secara periodik dan berkesinambungan.

2.  Pelayanan Kesehatan Rawat Inap Tingkat Pertama

Pada   kondisi    pasien   memerlukan         perawatan    maka     harus
dilakukan     perawatan     lanjutan  di  puskesmas  perawatan  jenis
pelayanan rawat inap tingkat pertama pada puskesmas perawatan
meliputi:

a.  Penanganan gawat darurat

b.  Perawatan persalinan dan pasca persalinan

c.  Perawatan pasien rawat inap (termasuk akomodasi dan makan
pasien) termasuk perawatan gizi buruk dan gizi kurang

d.  Perawatan satu hari (one day care)

e.  Tindakan medis yang diperlukan

f.  Pemberian obat

g.  Pemeriksaan laboratorium dan penunjang medis lainnya

h.  Pelayanan Rujukan

i.  Pertolongan sementara persiapan rujukan

j.  Observasi penderita dalam rangka diagnostik

Tempat  pelayanan  kesehatan  rawat  inap  tingkat  pertama  hanya
dilakukan di puskesmas perawatan.

3.  Pelayanan Jaminan Persalinan

Manfaat pelayanan jaminan persalinan meliputi:

a.  Pemeriksaan  kehamilan  Antenatal  Care  (ANC)  sesuai  standar
yang  dibiayai  oleh  program  ini  mengacu  pada  buku  Pedoman
Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), dimana selama hamil, ibu hamil
diperiksa sebanyak 4 kali dengan frekuensi:
1)  1 kali pada triwulan pertama;
2)  1 kali pada triwulan kedua;
3)  2 kali pada triwulan ketiga.

Pemeriksaan    kehamilan     yang  jumlahnya     melebihi   frekuensi
diatas pada tiap-tiap triwulan tidak dibiayai oleh program ini.

Dalam    pelaksanaan    ANC   juga   dilaksanakan    konseling   yang
meliputi  pengetahuan     komplikasi   kehamilan,    persalinan   dan
nifas,  deteksi  dini  dan   antisipasi  oleh  keluarga,   persiapan
persalinan,   Inisiasi  Menyusui      Dini  (IMD),   ASI   eksklusif,
perawatan    bayi  baru   lahir,  Keluarga   Berencana     (KB),  dan
anjuran senam hamil.

b.  Penatalaksanaan komplikasi kehamilan antara lain :
1) Penatalaksanaan  abortus imminen,  abortus  inkompletus dan
missed abortion;
2)  Penatalaksanaan hiperemesis gravidarum;
3)  Stabilisasi  dan  persiapan  rujukan  pada  kasus  :  Hipertensi
dalam kehamilan dan perdarahan pada masa kehamilan

Penatalaksanaan       abortus   imminen,    abortus   inkomplitus    dan
missed  abortion  dilakukan  di  Puskesmas  Pelayanan  Obstetrik
Neonatal Emergensi Dasar (PONED).

c.  Penatalaksanaan  persalinan:

Persalinan per vaginam
1) Persalinan per vaginam normal
2)  Persalinan    per   vaginam      dengan     tindakan    (sungsang,
ekstraksi vacum/ekstraksi forcep)
3)  Persalinan per vaginam dengan kondisi bayi kembar.
Persalinan     untuk    kondisi    bayi    kembar     dilakukan     di
puskesmas PONED.

d.  Penatalaksanaan komplikasi persalinan:
1) Perdarahan
2)  Hipertensi dalam persalinan
3)  Retensio plasenta
4)  Penyulit pada persalinan.
5)  Infeksi
Penatalaksanaan        komplikasi       persalinan      dilakukan      di
puskesmas PONED.

Dalam     pelaksanaan      pelayanan     Post   Natal   Care    (PNC)
meliputi:  pelayanan  ibu  nifas,  pelayanan       bayi  baru  lahir,
dan pelayanan KB pasca persalinan.

e.  Pelayanan nifas dan bayi baru lahir
Pelayanan  Ibu  nifas  dan  bayi  baru  lahir  dilaksanakan  4  kali,
masing-masing 1 kali pada:
1) Kunjungan      pertama    untuk   Kf1   dan   KN1   (6  jam   sampai
dengan hari ke-2)
2)  Kunjungan     pertama    untuk   Kf1   dan   KN1   (6  jam   sampai
dengan hari ke-2)
3)  Kunjungan  ketiga  untuk  Kf2  dan  KN3  (hari  ke-8  sampai
dengan hari ke-28)
4)  Kunjungan  ketiga  untuk  Kf2  dan  KN3  (hari  ke-8  sampai
dengan hari ke-28)

f.  Penatalaksanaan komplikasi nifas antara lain :
1) Perdarahan
2)  Infeksi
3)  Hipertensi dalam paska persalinan

g.  Penatalaksanaan      bayi   baru   lahir dengan    komplikasi    dalam
stabilisasi dan persiapan rujukan pada kasus: asfiksia, BBLR,
infeksi, ikterus, kejang.

h.  Pelayanan  KB  pasca  persalinan  meliputi:  pil,  AKDR,  Implant,
Suntik dan komplikasi pemasangan alat kontrasepsi.

Bayi  yang    lahir  dari kedua orang tua atau salah satu orang
tuanya     peserta   Jamkesmas        secara    otomatis     menjadi
peserta   Jamkesmas, apabila       bayi   baru   lahir memerlukan
pertolongan    lanjutan  di   fasilitas kesehatan    rujukan   dapat
dilakukan  rujukan  dari  Puskesmas        dan  jaringannya  tanpa
harus    diterbitkan   kartu  Jamkesmas       baru,   cukup    kartu
dari  pihak  orang  tua  dan  surat rujukan dari Puskesmas.

RUJUKAN

Rujukan pelayanan  kesehatan yang  dimaksud  adalah  proses  rujukan
kasus   maupun  rujukan  spesimen/penunjang  diagnostik  yang              dapat
berasal   dari   jaringan   puskesmas     ke   puskesmas     atau   puskesmas
perawatan,     antar   puskesmas       dan   dari   puskesmas      ke   fasilitas
kesehatan tingkat lanjut (rumah sakit, BBKPM, BKPM, BKMM, BKIM).

Prosedur    rujukan  dilaksanakan  secara  berjenjang         dan  terstruktur.
Pelaksanaan rujukan harus didasarkan  pada indikasi medis sehingga
puskesmas  dan  jaringannya  harus  dapat  melakukan  kendali  dalam
hal  rujukan,  sehingga  puskesmas  dan  jaringannya  dapat  melakukan
seleksi kasus yang dirujuk.

Rujukan  harus  disertai  dengan  surat  rujukan.  Pengendalian rujukan
oleh   puskesmas     dan    jaringannya    akan    sangat   berdampak       pada
pengendalian     biaya.  Pada    kondisi    gawat    darurat   pasien      dapat
langsung    ke  fasilitas kesehatan rujukan terdekat.

Untuk  mendukung  pelayanan  rujukan  disediakan  biaya  transportasi
dari  jaringan   puskesmas  ke  puskesmas,  antar  puskesmas  dan  dari
puskesmas     ke  pelayanan    rujukan    di  tingkat  Kabupaten/Kota.      Dan
biaya   rujukan   pemeriksaan     spesimen/penunjang  medis        dari   pustu,

Seluruh    puskesmas      dan   jaringannya,    khusus    untuk    pelayanan
jampersal  bagi  peserta  Jamkesmas  dapat  memanfaatkan  pelayanan
pada  Bidan  Praktik  Mandiri,  Dokter  Praktik,  Klinik  Swasta,  Rumah
Bersalin Swasta yang bekerjasama dalam program Jamkesmas.

poskesdes/polindes     ke  puskesmas  atau     dari  puskesmas  pembantu,
poskesdes,  puskesmas dan  jaringannya  ke  fasilitas  kesehatan tingkat
lanjut kabupaten/kota.

Seluruh biaya transportasi dari jaringan puskesmas ke puskesmas,
antar  puskesmas  dan  dari  puskesmas  ke  pelayanan  rujukan  di
tingkat Kabupaten/ kota bersumber dari dana Jamkesmas.

PELAYANAN SPESIALISTIK

Pada  dasarnya    Program  Jamkesmas       di puskesmas     dan  jaringannya
adalah pelayanan kesehatan perorangan tingkat pertama, tetapi dalam
rangka   peningkatan    akses   pelayanan   kesehatan    lanjutan,  beberapa
puskesmas di wilayah  perkotaan menyediakan pelayanan spesialistik.
Apabila   puskesmas     memiliki   fasilitas  pelayanan    spesialistik, baik
berupa  pelayanan     dokter  spesialis  yang  bersifat    tetap  atau  rawat
jalan   maupun      pelayanan     penunjang     diagnostik     (laboratorium,
radiologi, dan lain lain), maka kegiatan tersebut dapat menjadi bagian
kegiatan program Jamkesmas  di       puskesmas.

? Semua       jenis   pelayanan   kesehatan    dasar   yang  tersedia  di
Puskesmas     dan  jaringannya    wajib  diberikan   kepada   peserta
Jamkesmas.
? Prosedur      rujukan    dilaksanakan      secara    berjenjang    dan
terstruktur.   Pelaksanaan     rujukan    harus    didasarkan    pada
indikasi  medis   sehingga    puskesmas     dan  jaringannya    harus
dapat melakukan kendali dalam hal rujukan.
Pelayanan  kesehatan  pada      Program  Jamkesmas  yang       diberikan
oleh   puskesmas     dan    jaringannya    mengacu      pada   pedoman
pelaksanaan    dan   petunjuk   teknis lainnya yang    berlaku.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun