seringkali kalimat tersebut yang akhirnya terlontar dari mulut kita ketika tiba-tiba sebuah rencana kegiatan terancam gagal justru ketika mendekati hari H pelaksanaan. kondisi yang seharusnya membuat kita tinggal menikmati kesuksesan acara yang kita rencanakan justru kita dibikin stress karena beberapa pihak yang mestinya terlibat malah pada membatalkan terlibat dalam acara tersebut.
beberapa catatan di bawah ini barangkali bisa membantu meminimalisir "bencana" ACARA yang kita rencanakan.
siapapun pasti menghendaki out maksimal dari setiap jerih-payah yang kita lakukan...???
- Melaksanakan rencana jangan hanya mencapai target atau kejar tayang,tapi juga harus mempertimbangkan kualitas dan maksimalisasi output. Hindari untuk grusa-grusu atau melaksanakan rencana hanya sebatas killing time.
- Sepanjang perencanaan melibatkan orang lain, maka koordinasikan terlebih dahulu kepada para pihak yang terlibat sebelum mengambil keputusan. Ingat, semua orang punya kesibukan dan agenda masing-masing yang butuh saling disinkronkan, dan semua orang tidak bisa dijadualkan mendadak. Kecuali anda tidak sedang bekerja dengan tim.
- Jangan takut untuk melakukan perubahan perencanaan kalau rencana yang sudah diputuskan dianggap tidak akan berhasil maksimal.
- Sampaikan perkembangan situasi dari apa yang sudah direncanakan kepada para pihak yang dilibatkan.
- Komunikasi yang baik akan menjadi pendukung utama dalam setiap proses pencapaian hasil dari apa yang sudah direncanakan.