Pembelajaran merupakan interaksi antara guru atau pendidik dengan siswa atau peserta didik dalam suatu lingkungan belajar. Dalam proses pembelajaran, seorang tenaga pendidik sudah tentu menerapkan keilmuan mereka -- dengan harapan agar peserta didik tetap berada di jalurnya. Selain itu, tenaga pendidik yang ideal umumnya juga mengaplikasikan sejumlah teori yang mendukung perkembangan peserta didik. Dua teori paling penting dalam hal ini adalah teori perkembangan kognitif dari Jean Piaget dan teori perkembangan bahasa dari Vygotsky. Kognitif sendiri merupakan proses internal yang tersedia dalam susunan pusat saraf yang berlangsung kala individu tengah berpikir (Agustyaningrum & Pradanti, 2022). Pernyataan tersebut dipertegas oleh Bad'iah (2021) yang menyatakan bahwa teori belajar kognitif merupakan suatu teori belajar yang lebih mementingkan proses belajar daripada hasil belajar. Sedangkan, bahasa adalah perkembangan yang mengikuti kognitif tersebut. Teori kognitif Jean Piaget dan teori bahasa Vygotsky telah diterapkan dalam pembelajaran.
KEMBALI KE ARTIKEL