Sempat saya belikan yang kw, harganya sepertiga sampe setengah orinya, ndhak pakai lama modyar lagi. Alhasil balik kanan lagi.
Nilai moralnya: pakai suku cadang/part kw kadang bahkan seringnya malah buang-buang uang.
***
Di kijang rasanya sama juga. Dan kalo buat kijang, saya juga masih berani ngomong gitu: pakai part kw kadang malah buang uang. Persoalannya, buat kijang part orinya juga murah. Shock ori aja sepasang cuman 400an rb. Mungkin sekarang 500 rb.
Malah part kw Kijang juga kualitasnya udah mendekati OEM.
Saya pernah ganti spion, sebiji cuman 25rb. Plastiknya emang ndhak se-firm orinya. Tapi kacanya ndhak getar, sudut pandangnya juga pleg ama orinya. Ndhak lebih cembung atau cekung, obyek ndhak tampak lebih dekat atau lebih jauh. Dan baut setelan kekencangannya juga bekerja sempurna. Ndhak gampang dol/slek. Dan itu spion udah bertahun-tahun terpasang di pintu, menggantikan spion ori yang pecah kesampluk gandengan truk yang mobat-mabit di jalan.
Berapa harga spion Kijang yang ori? Saya ndhak tau. Toko yang jual ndhak nyetok. Mungkin ndhak ada yang nyari kali ya? :D
Cuman kalo batok lampu belakang Kijang, pendaran cahaya yang kw tetep ndhak bisa seterang yang ori.
Lampu belakang Kijang, yang kw mika lampunya doang 25rb sebiji. Kalo sama batoknya 250rb per set/dua biji. Sementara lampu ori (batok sama mikanya, udah ter-lem menyatu, non buka-able) 550rb sebiji!
NAH, di BMW/Audi sama juga. Part kw, kita biasanya nyebut "yang biasa", sering kejadiannya juga ndhak awet.
Case paling sering kita dengar adalah visco fan. Yang biasa 450rb.
Biasanya temen-temen kalo udah pernah kebuang uang gara-gara part biasa, baru nyari "yang bagus". Kayak visco, yang bagus harganya dua kalinya.
Kualitas "yang bagus" ini memang bukan ori dalam pengertian ada capnya BMW. Tapi dia udah kelas OEM.
Untuk kaki-kaki, shock misanya, biasanya cuman ada satu pilihan kualitas: "yang bagus" semua.
Hanya opsi/merknya beragam. Ada yang orientasi empuk-nyaman-touring, ada yang orientasi keras-sport.
Kayak packing/gasket mesin gitu malah adanya satu pilihan doang. OEM.
Di Audi sama kayak BMW, ada yang biasa sama yang bagus/OEM.
Tapi di beberapa item, pilihannya malah yang biasa sama langsung ori dengan cap/logo Audi.
CUMAN masalahnya, kalo part ori motor suzuki, meski harganya tiga kali lipat yang kw, masih relatif enteng dijabanin.
Kalo part OEM BMW, hiks... Ya jelas beda, motor vs mobil.
Tapi di luar itu, benefit yang hadir juga beda. BMW tua pakai parts bagus, relatif masih lebih nyaman ketimbang mobil sejuta umat yang gress sekalipun, yang harganya masih berlipat-lipat dibanding BMW terestorasi.
IMHO.
26052017