Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang dapat menghasilkan
output lulusan peserta didik yang mandiri, berani menghadapi tantangan, berani mengambil resiko untuk menciptakan peluang dengan memanfaatkan teknologi di revolusi industri 4.0 (Isrososiawan, 2013). Pengembangan minat kewirausahaan peserta didik SMK penting dalam menyiapkan generasi yang produktif dan berkarakter yang sangat diperlukan untuk keberhasilan di abad ke-21. SMK disiapkan untuk bekerja di industri dan tidak menutup kemungkinan melajutkan ke jenjang perguruan tinggi atau berwirausaha. Sehingga diharapkan lulusan SMK harus memiliki
hard skill terhadap kompetensi mereka dan juga
soft skill berupa karakter yang baik harus dimiliki (Nurdina et al., 2019). Â Model pembelajaran dapat diterapkan yaitu model pembelajaran
Teaching Factory. Pembelajaran
Teaching Factory dapat menunjang upaya peningkatan sumber daya manusia yang inovatif dan kreatif. Pembelajaran tersebut juga berhubungan dengan pendidikan kewirausahaan. Merupakan proses pembelajaran yang menanamkan tata nilai kewirausahaan melalui pembiasaan dan pemeliharaan sikap (Kurniawan, n.d.)
KEMBALI KE ARTIKEL