**Contoh 1 : Tema Gaya Hidup Berkelanjutan**
Elemen P5:**Berorientasi pada tujuan, mandiri, bernalar kritis
* **Proyek:** Membuat produk ramah lingkungan dari bahan daur ulang (misal, tas belanja dari kain perca).
  * **Berorientasi pada tujuan:** Siswa menentukan tujuan yang jelas, misalnya mengurangi penggunaan plastik.
  * **Mandiri:** Siswa mencari informasi tentang bahan daur ulang, teknik pembuatan, dan pemasaran produk secara mandiri.
  * **Bernalar kritis:** Siswa menganalisis dampak positif dan negatif dari penggunaan produk plastik serta mencari solusi yang lebih baik.
**Contoh 2: Tema Kearifan Lokal**
* **Elemen P5:** Gotong royong, berkebhinekaan global, kreatif
* **Proyek:** Mengadakan festival budaya lokal dengan melibatkan seluruh warga sekolah dan masyarakat sekitar.
  * **Gotong royong:** Siswa bekerja sama dalam mempersiapkan acara, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan.
  * **Berkebhinekaan global:** Siswa menampilkan berbagai macam kesenian dan budaya lokal, memperkaya pengetahuan tentang keberagaman Indonesia.
  * **Kreatif:** Siswa membuat inovasi dalam menampilkan kesenian dan budaya lokal, misalnya dengan menggabungkan tarian tradisional dengan musik modern.
**Contoh 3: Tema Bhinneka Tunggal Ika**
* **Elemen P5:** Bergotong royong, komunikatif, berempati
* **Proyek:** Mengadakan kegiatan bakti sosial di panti asuhan atau rumah sakit.
  * **Bergotong royong:** Siswa bekerja sama mengumpulkan donasi dan mempersiapkan kegiatan bakti sosial.
  * **Komunikatif:** Siswa berkomunikasi dengan pihak panti asuhan atau rumah sakit untuk mengatur jadwal kunjungan dan jenis bantuan yang dibutuhkan.
  * **Berempati:** Siswa menunjukkan kepedulian terhadap sesama dengan memberikan bantuan yang bermanfaat.
**Contoh 4: Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya**
* **Elemen P5:** Mandiri, bernalar kritis, gotong royong
* **Proyek:** Membuat program olahraga dan kesehatan bagi siswa di sekolah.
  * **Mandiri:** Siswa merancang program olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan minat teman-temannya.
  * **Bernalar kritis:** Siswa mencari informasi tentang jenis olahraga yang baik untuk kesehatan dan membuat jadwal latihan yang efektif.
  * **Gotong royong:** Siswa bekerja sama dalam melaksanakan program olahraga dan saling mendukung satu sama lain.
**Contoh 5: Tema Suara Demokrasi**
* **Elemen P5:** Bergotong royong, komunikatif, bertanggung jawab
* **Proyek:** Mengadakan debat terbuka tentang isu-isu sosial yang relevan.
  * **Bergotong royong:** Siswa bekerja sama dalam memilih topik, mencari informasi, dan mempersiapkan materi debat.
  * **Komunikatif:** Siswa menyampaikan pendapat dengan jelas dan sopan, serta menanggapi pendapat orang lain dengan terbuka.
  * **Bertanggung jawab:** Siswa bertanggung jawab atas pendapat yang disampaikan dan siap menerima kritik.
**Contoh 6: Tema Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI**
* **Elemen P5:** Kreatif, bernalar kritis, gotong royong
* **Proyek:** Membuat aplikasi mobile untuk membantu masyarakat dalam mengakses informasi terkait bencana alam.
  * **Kreatif:** Siswa merancang tampilan aplikasi yang menarik dan user-friendly.
  * **Bernalar kritis:** Siswa menganalisis kebutuhan pengguna dan memilih fitur-fitur yang relevan.
  * **Gotong royong:** Siswa bekerja sama dalam mengembangkan aplikasi dan melakukan uji coba.
**Contoh 7: Tema Kewirausahaan**
* **Elemen P5:** Mandiri, kreatif, berorientasi pada tujuan
* **Proyek:** Membuat produk kerajinan tangan dan menjualnya secara online.
  * **Mandiri:** Siswa mencari ide produk, membuat prototype, dan memasarkan produk secara mandiri.
  * **Kreatif:** Siswa membuat produk yang unik dan menarik minat konsumen.
  * **Berorientasi pada tujuan:** Siswa menetapkan target penjualan dan melakukan evaluasi secara berkala.
**Tips Membuat Proyek P5:**
* **Libatkan siswa:** Ajak siswa untuk berpartisipasi aktif dalam setiap tahap proyek, mulai dari perencanaan hingga evaluasi.
* **Sesuaikan dengan kondisi sekolah:** Pertimbangkan sumber daya yang tersedia, minat siswa, dan kondisi lingkungan sekitar.
* **Buat proyek yang bermakna:** Pilih proyek yang memberikan manfaat nyata bagi siswa dan masyarakat sekitar.
* **Evaluasi secara berkala:** Lakukan evaluasi secara berkala untuk melihat perkembangan proyek dan melakukan perbaikan jika diperlukan.
**Ingin contoh yang lebih spesifik?**
Berikan informasi tambahan seperti:
* **Tingkat pendidikan:** SD, SMP, SMA?
* **Minat siswa:** Apa saja yang mereka suka?
* **Mata pelajaran yang relevan:** Apakah ada mata pelajaran yang bisa dikaitkan dengan proyek?
* **Fasilitas sekolah:** Apa saja fasilitas yang dimiliki sekolah?