Pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang dirancang untuk generasi abad 21 agar mampu mengikuti arus perkembangan teknologi terbaru. Terutama pada ranah komunikasi yang telah masuk ke sendi kehidupan, maka dari itu peserta didik diharuskan untuk bisa menguasai empat keterampilan belajar (4C), yakni: creativity and innovation, critical thinking and problem solving, communication dan collaboration. Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan pendidik harus sesuai dengan pembelajaran abad 21, mulai  dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Adapun latar belakang penulis melakukan penelitian ini karena masih ada kondisi yang menjadi latar belakang masalah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam pembelajaran  menulis teks eksplanasi yaitu:
- Proses pembelajaran yang dilaksanakan belum mengoptimalkan model pembelajaran yang inovatif sesuai dengan karakteristik materi;
- Kurangnya keterampilan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi;
- Peserta didik cenderung pasif;
- Hasil belajar menulis teks eksplanasi peserta didik masih rendah;
- Proses pembelajaran yang berlangsung selama ini menggunakan metode konvensional dimana guru menjadi pusat dari pembelajaran;
- Pemanfaatan teknologi informasi (TIK) dalam pembelajaran belum optimal.
KEMBALI KE ARTIKEL