Mohon tunggu...
KOMENTAR
Healthy

Pengabaian Asas/Tujuan Rumah Sakit

11 Juli 2013   16:04 Diperbarui: 24 Juni 2015   10:41 302 0

Miris. Itulah kata yang pas untuk menggambarkan perlakuan tidak mengenakan yang diterima oleh masyarakat yang tidak mampu setiap kali berobat ke rumah sakit, tak peduli memiliki kartu berobat gratis atau tidak. Sudah seperti mau nonton bioskop saja yang bisa masuk dengan membeli karcis terlebih dahulu. Kalaupun bisa masuk dengan menggunakan kartu berobat gratis, tetap selalu diperlakukan sebagai warga kelas dua yang hamper tak ada harganya. Paradigma pelayanan Rumah Sakit kita sudah sangat capital minded yang berorientasi profit, tak peduli Rumah Sakit umum sekalipun, apalagi yang jelas-jelas Swasta. Indikator sederhanya adalah dengan melihat berapa banyak pasien yang tidak diterima bahkan dipulangkan akibat tidak memiliki uang untuk membayar. Bahkan tak jarang pasien yang terpaksa pulang selagi masih dalam masa perawatan di RS akibat sudah kehabisan daya untuk sekedar memikirkan biaya yang harus dikeluarkan selama berobat. Ada yang salah dengan paradigma pelayanan RS kita.

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun