Media massa berperan penting dalam membentuk budaya konsumtif masyarakat, khususnya mengenai tontonan. Konsumerisme telah merambah keseharian masyarakat, terutama di perkotaan. Konsumerisme adalah gaya hidup dimana masyarakat menjadi kecanduan terhadap suatu produk. Menurut sosiolog Jean Baudrillard, konsumerisme adalah budaya konsumen modern yang menimbulkan keinginan untuk mengonsumsi barang-barang material secara berlebihan. Media massa seperti televisi dan iklan merupakan alat penyampaian pesan dari sumber kepada masyarakat. Dengan kemajuan media massa, masyarakat kini dapat dengan mudah memperoleh berbagai informasi. Oleh karena itu, media massa berperan penting dalam membentuk budaya konsumen masyarakat, khususnya mengenai tontonan. Media massa berfungsi sebagai alat penyampai pesan-pesan dari sumber informasi kepada masyarakat, sehingga memudahkan masyarakat dalam memperoleh berbagai informasi. Ini mencakup informasi tentang produk, harga, dan tren terkait konsumsi. Selain itu, media massa juga berperan dalam membentuk tren sosial dan gaya hidup. Misalnya saja paparan iklan dan promosi produk di media massa dapat mempengaruhi perilaku konsumen dan menyebabkan konsumen kehilangan semangat juang dan nilai-nilai inti pribadinya. Konsumerisme adalah gaya hidup dimana masyarakat menjadi kecanduan terhadap suatu produk. Menurut Jean Baudrillard, konsumerisme adalah budaya konsumen modern yang menimbulkan keinginan untuk mengonsumsi barang-barang material secara berlebihan. Dalam masyarakat tontonan, konsumsi telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Meliputi pola konsumsi, kebiasaan sehari-hari, kesadaran tubuh, dan interaksi sosial. Ketika orang melihat iklan selebriti, tokoh masyarakat, atau produk menarik, hal itu dapat memengaruhi perilaku konsumen dan mengarahkan mereka untuk membeli produk yang sebelumnya tidak mereka sadari.
KEMBALI KE ARTIKEL