Pemahaman yang berbeda-beda tentang humanisme juga menimbulkan perbedaan pemaknaan tentang batasan penerapannya dalam dunia pendidikan.Oleh karena itu, harus ada kesamaan pemahaman mengenai kata "humanistik" dalam pendidikan. Dalam artikel tentang "Apa itu Pendidikan Humanistik?" Krischenbaum menjelaskan bahwa elemen-elemen seperti institusi pendidikan, lingkungan kelas, dan peran instruktur dapat dilihat sebagai bagian dari pendekatan humanistik, yang dinilai berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Hal ini menyoroti adanya variasi pendekatan humanistik dalam konteks pendidikan, yang secara keseluruhan tercermin dalam bidang psikologi humanistik. Abraham Maslow, dalam artikel yang membahas "Implikasi Pedagogis dari Psikologi Humanistik," menunjukkan kritiknya terhadap teori Freud dan teori perilaku dengan menekankan bahwa fokus utama seharusnya adalah pada potensi yang dimiliki oleh individu manusia. Pendekatan kaum humanis lebih menitikberatkan pada aspek-aspek perkembangan kepribadian manusia daripada hanya mengkaji aspek "kelainan" atau "penyakit" seperti yang dilakukan oleh pendekatan psikoanalisis Freud.Â
KEMBALI KE ARTIKEL