Pendidikan anak usia dini dalam menghargai seseorang dimulai dari bagaimana cara dia dalam menghargai suatu permainan. Fenomena tersebut telah dikembangkan oleh Piaget (1945), dimana Piaget menjelaskan bahwa tingkat perkembangan moral serta tindakan yang lebih dahulu berkembang, sebelum penalaran moral otonom dan heteronom. Anak usia dini mulai belajar dalam membantu orang lain setelah hari kelahiran pertama mereka, dimana bentuk bantuan paling awal bagi anak-anak muncul sejak usia 14 bulan. Bantuan tersebut sering disebut dengan bantuan instrumental, karena bantuan yang ditawarkan membantu orang dewasa seperti membuka pintu dan mengambilkan barang jatuh (Dunfield et al., 2011). Dalam banyaknya model perilaku sosial konvensional, bentuk pertolongan yang ditawarkan anak-anak seringkali dikaitkan dengan keterampilan dalam pemahaman emosi dan proses melihat sudut pandang lain. Namun, menurut Paulus (2014) dalam perkembangnnya bantuan awal dapat muncul lebih dahulu dibaningkan dengan pemahaman sosial emosional yang kompleks, dan karakteristik individu yang berbeda.
KEMBALI KE ARTIKEL