Itu terjadi karena salah satu faktor yang mesti dimiliki oleh perusahaan dalam hal penerapan service excellence adalah profesionalitas, integritas, komitmen serta pengetahuan karyawan terkait produk yang dijual.
Bagi perusahaan yang dalam bisnisnya menjual produk, maka penerapan service excellence akan sangat berperan penting dalam hal meningkatkan penjualan. Itu dapat terjadi karena konsumen akan merasa terpuaskan dengan apa yang mereka beli dari perusahaan tersebut di samping mendapatkan pelayanan yang memuaskan.
Bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa, maka penerapan service excellence yang tepat akan semakin mendongkrak pamor mereka di depan konsumen potensial yang secara otomatis juga akan mendongkrak citra mereka.
Meski terlihat sederhana, tetapi sejatinya penerapan service excellence ini tidaklah sesederhana kelihatannya. Untuk dapat menjalankannya dengan baik, seringkali dibutuhkan pelatihan atau training bagi seluruh karyawan yang bertujuan agar mereka memiliki profesionalitas serta integritas tinggi dan semakin menyadari bahwa semakin banyak konsumen yang datang maka semakin besar peluang mereka untuk bertahan di bisnis tersebut.
Meski untuk mengadakan sebuah pelatihan dibutuhkan biaya tambahan tetapi hasil yang akan diraih akan sangat sesuai dengan apa yang diharapkan.