Lembuak, 2025 – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Masyarakat Desa (KKN PMD) Universitas Mataram memberikan edukasi pemanfaatan media sosial sebagai strategi pemasaran bagi UMKM Sate Bulayak di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat. Program ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan penjualan para pedagang sate khas Lombok tersebut dengan memanfaatkan platform digital.
Desa Lembuak dikenal memiliki potensi besar dalam sektor UMKM, terutama dalam produksi Sate Bulayak, makanan tradisional khas Lombok yang terkenal dengan cita rasanya. Menurut informasi dari para pedagang Sate Bulayak di Desa Lembuak, Sate Bulayak merupakan makanan khas dari desa ini dan telah mulai tersebar ke beberapa daerah di Kecamatan Narmada, seperti Suranadi, Narmada, dan Sesaot. Dulunya, kebanyakan pedagang yang berjualan di daerah tersebut berasal dari Desa Lembuak.
Namun, salah satu kendala utama yang dihadapi para pedagang adalah minimnya pemasaran digital, mengingat mayoritas pedagang berusia 40-50 tahun ke atas dan belum terbiasa dengan teknologi digital.