Menurut UU No. 20 tahun 2003 pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara. Dalam pelaksanaan pembelajaran diperlukan motivasi guna menunjang keberhasilan dan mencapai tujuan pembelajaran yang ingin diraih. Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi motivasi belajar siswa, salah satunya ialah lingkungan pertemanan. Lingkungan pertemanan akan selalu memiliki peran yang signifikan terhadap proses pembelajaran, mulai dari pembentukan emosi, minat, kebiasaan, hobi, cara bertutur hingga ketertarikan siswa terhadap proses pembelajaran. Oleh karena itu dalam esai ini akan dibahas mengenai dampak lingkungan pertemanan terhadap motivasi belajar siswa.
KEMBALI KE ARTIKEL