Dampak pandemi Covid-19 pada proses belajar-mengajar di Indonesia sangat terasa. Menjelang satu tahun penyebaran Covid-19 di Indonesia, beragam cara dilakukan agar proses pembelajaran jarak jauh dapat terlaksana dengan baik. Nadiem Makarim (Sandi, 2020) menjelaskan beberapa kendala selama proses pembelajaran jarak jauh berlangsung, diantaranya adalah kesulitan guru dalam mengelola pembelajaran jarak jauh dan menuntaskan kurikulum yang tengah berjalan, pendampingan oleh orang tua yang kurang maksimal, kurangnya konsentrasi siswa saat belajar dari rumah, serta rasa bosan yang cenderung meningkat yang memiliki potensi menyebabkan gangguan kesehatan mental pada siswa. Pembelajaran jarak jauh merupakan langkah yang diambil oleh penyelenggara pendidikan sebagai salah satu alternatif agar proses belajar mengajar tetap berjalan. Alternatif ini dalam pelaksanaannya mendapati berbagai macam kendala, salah satunya adalah ketidaksiapan orang tua untuk mendampingi anak-anaknya belajar. Kejadian ini berdampak pada munculnya beragam kecemasan orang tua, khususnya bagi ibu rumah tangga pada saat anak-anak melaksanakan pembelajaran jarak jauh.
KEMBALI KE ARTIKEL